Komitmen Tingkatkan Mutu, MAN 1 Kulon Progo Gelar Uji Publik KTSP

Mengawali tahun ajaran 2022/2023, MAN 1 Kulon Progo melaksanakan Uji Publik Kurikulum, Selasa (21/6/2022) pagi di ruang AVA madrasah setempat. Kegiatan rutin tahunan tersebut dihadiri beberapa komponen dari Kepala Bidang Pendidikan Madrasah diwakili oleh Jauhar Mukhlis Salistiyanta, S.Ag., Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Kulon Progo, Muhammad Dwi Putranto, S.Pd., Pengawas Madrasah, Hj. Kalimah, S.Ag., MA., Ketua Komite, Drs. H. Pahid Mahmud Rais, MA. beserta jajarannya, Akademisi Universitas Negeri Yogyakarta, Isniatun Munawaroh, S.Pd., M.Pd., Guru dan Pegawai, serta perwakilan siswa. Acara diawali dengan sambutan Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Kulon Progo. Dalam sambutannya Dwi menyampaikan penguatan pendidikan karakter, peningkatan kompetensi sesuai minat bakat siswa, dan penekanan budaya literasi.
Selanjutnya, Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta yang diwakili oleh Jauhar Mukhlis Salistiyanta, S.Ag. menekankan pada nilai kooperatif dan Implementatif dari kurikulum KTSP. “Saya menghimbau agar kurikulum dapat diimplementasikan dengan baik, segala hambatan segera dicarikan solusinya bersama komite dan seluruh stakeholder madrasah serta harus ada evaluasi yang berkesinambungan,” tutur Jauhar. Dalam kegiatan uji publik kurikulum tersebut, Waka Bidang Akademik, H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd., berkesempatan memaparkan visi misi, tujuan dan kurikulum sekolah, serta komponen lain yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar untuk tahun ajaran 2022/2023 di MAN 1 Kulon Progo.

Dilanjutkan oleh Isniatun Munawwaroh, dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang mengkritisi dan memberikan solusi pengembangan kurikulum KTSP MAN 1 Kulon Progo.
Sementara Pengawas Madrasah, Hj. Kalimah, S.Ag., MA. juga menghimbau untuk menganalis secara cermat tentang penetapan KKM dan program unggulan madrasah.
Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 12.00 WIB. tersebut ditutup dengan sambutan Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya ia menyampaikan terima kasih atas kritik dan saran dari seluruh pihak demi kemajuan MAN 1 Kulon Progo. Edi berkomitmen untuk memperkuat implementasi kurikulum tersebut sehingga dapat menginspirasi bagi lingkungan dan lembaga pendidikan pada umumnya. (yan/***)