MAN 1 Kulon Progo Gandeng Dinas Kesehatan dan Unala Lakukan Edukasi Kesehatan Reproduksi

MAN 1 Kulon Progo melakukan edukasi kesehatan reproduksi dan kebersihan menstruasi di serambi masjid Al Huda Jumat (19/8/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswi MAN 1 Kulon Progo dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, dr. Candra Safitri dan Diah Setyaningrum, S.KM. dan Tantri dari UNALA.
UNALA adalah model inovatif yang melibatkan sektor swasta untuk memberikan informasi dan layanan kesehatan reproduksi yang ramah bagi remaja. Menurut Tantri, melalui program UNALA, remaja dapat berperilaku sehat dan mengambil keputusan secara bertanggungjawab. Tantri mengemukakan bahwa salah satu instrumen yang dapat membantu tantangan remaja perempuan saat ini adalah OKY Indonesia.
“Edukasi menstruasi melalui aplikasi OKY Indonesia ini akan memberikan informasi menstruasi yang menyenangkan, kreatif, dan positif langsung ke tangan remaja putri melalui tool HP yang dipakai sehari-hari,” jelas Tantri.

Selanjutnya menurut Candra Safitri, saat menstruasi, remaja putri harus selalu menjaga kebersihan. Hal senada juga dinyatakan oleh Diah Setyaningrum bahwa kebersihan kuku, rambut, dan badan selama menstruasi harus tetap dijaga.

Kegiatan edukasi kesehatan reproduksi dan kebersihan menstruasi ini merupakan salah satu program dari Duta PHBS, Vera Veronica, S.Pd. Ia merasa bersyukur dapat melaksanakan kegiatan ini. “Alhamdulillah saya dapat bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Unala dalam mewujudkan salah satu program PHBS,” ungkapnya.
“Saya lihat peserta juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terbukti banyak siswa yang mengajukan pertanyaan berkait dengan kesehatan reproduksi,” imbuh Vera. Sementara itu kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat penting dilakukan. Lebih lanjut Edi menyampaikan tujuan kegiatan. “Kegiatan edukasi kesehatan reproduksi dan kebersihan menstruasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada remaja putri/siswi MAN 1 Kulon Progo,” lanjutnya. “Semoga dengan edukasi kesehatan ini, MAN 1 Kulon Progo mampu mewujudkan madrasah sehat dan ramah anak. Amin,” harap Edi. (nhd/***)