Tingkatkan Kompetensi Menulis, MAN 1 Kulon Progo Gelar Workshop Publikasi

MAN 1 Kulon Progo mengadakan Workshop Publikasi Madrasah yang diikuti seluruh guru pada Sabtu (6/8/2022) pagi di ruang AVA madrasah setempat. Nara sumber kegiatan tersebut adalah Bramma Aji Putra, S.Kom., staf Humas Kanwil Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kepada Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan tujuan workshop tersebut. “Dengan diadakannya workshop publikasi madrasah ini diharapkan dapat menambah kompetensi bapak/ibu guru untuk bisa membuat publikasi ilmiah. Baik berita maupun tulisan lainnya yang muaranya adalah untuk bisa mengangkat madrasah agar dikenal dan dicintai masyarakat luas,” ungkapnya.

“Dengan kompetensi menulis tersebut diharapkan bapak/ibu guru dan pegawai bisa menjadi humas atau juru bicara madrasah,” tambah Edi. Pada kesempatan tersebut Bramma menyampaikan pentingnya publikasi bagi madrasah. “Hitam, putih, dan popularitas madrasah bisa kita buat dengan publikasi ilmiah baik dengan artikel, berita, dan lainnya,” tuturnya. “Pihak luar mengetahui madrasah kita salah satunya bisa melalui publikasi media masa yang jangkauannya bisa sangat jauh dan luas. Madrasah kian dicintai kalau madrasah kita kenalkan kepada mereka,” imbuh Bramma.

“Guru dan pegawai bisa menjadi humas bagi madrasahnya, dan salah satunya dengan menulis berita atau tulisan lainya di media masa sehingga madrasah makin dikenal masyarakat. Singkat kata, dengan publikasi kita bisa membranding madrasah kita,” pungkas Bramma.

Kegiatan berlangsung dengan menarik dan seru, dengan pemaparan yang renyah dan joke-joke yang menggelitik. (dik/***)