MAN 1 Kulon Progo Sukseskan Gernas Aksi Bergizi

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 dan peringatan hari Kesehatan Nasional ke-58, MAN 1 Kulon Progo mengadakan Gerakan Nasional (Gernas) Aksi Bergizi yang dikemas dalam rangkaian kegiatan antara lain penyuluhan kesehatan dari Puskesmas Pengasih 1, senam bersama, flasmob jingle, sarapan bersama, minum Tablet Tambah Darah (TTD), mengisi aplikasi ceria, pemutaran video edukasi, dan penyebaran aksi bergizi melalui media sosial. Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Bidang Humas MAN 1 Kulon Progo, H. Akhmad Khudlori, S.Ag., M.Pd.I. usai senam bersama di lapangan madrasah setempat pada Rabu (26/10/2022) pagi.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengawas Kemenag Kulon Progo, Hj. Kalimah, S.Ag., M.A. mewakili Kasi Dikmad, Rr. Dyah Hapsari Siwi Fajarwati, M.Psi. (SMPN 1 Pengasih), Rubiyanti (Kalurahan Sendangsari), Tim Puskesmas Pengasih 1 (Erna Asih P., AMKL., Ngadiyem, Am.KG., Susiana Indri Utami, A.Md.Gz., Fascia Holi Mama), R. Nur Edi Suryo Wibowo (Kalurahan Pengasih), dan Ketua Komite Madrasah, Drs. H. Pahid Mahmud Rais.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan pentingnya Gernas Aksi Bergizi tersebut. “Gerakan bergizi ini sangat penting dilakukan untuk pembiasaan hidup bersih dan sehat. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh warga madrasah pun dapat menjalin silaturahim. Semoga semua kegiatan berjalan dengan lancar,” tuturnya.
Kemudian Wakil Kepala Bidang Akademik, H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd., menyampaikan bahwa ada 3 hal yang disampaikan saat penyuluhan kesehatan dari Puskesmas Pengasih 1, yaitu pengarahan minum TTD, pengarahan sikat gigi yang benar, dan pengarahan cuci tangan yang benar.
“Terima kasih saya sampaikan kepada tim Puskesmas Pengasih 1 yang selalu mendukung kegiatan kesehatan di MAN 1 Kulon Progo,” kata Iwan, “semoga MAN 1 Kulon Progo menjadi madrasah sehat yang sebenarnya.”

Selanjutnya kegiatan senam dilaksanakan di lapangan dan dipandu oleh Duta PHBS dan instruktur senam, Vera Veronica, S.Pd. Ia merasa sangat bahagia karena siswi di kelas tersebut sangat kompak dalam mempersiapkan gerakan senam dan flasmob jingle.
“Saya sangat bahagia, semua siswi mau diajak berpikir dan bergerak,” kata Vera, “mereka yang memilih instrumen, gerakan jingle dan senam, serta menggubah lagu dengan inti pesan pada lirik tentang pentingnya konsumsi TTD rutin setiap minggu.”

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd. merasa senang karena antusias siswa sangat tinggi. Hal ini dibuktikan keikutseraan siswa mengikuti senam dilanjutkan sarapan bersama dengan gizi seimbang. “Alhamdulillah semua siswa mengikuti senam dan sarapan dengan tertib. Setelah sarapan mereka masuk kelas. Bersama wali kelas, siswa mengisi aplikasi ceria dan menonton video edukasi tentang Pencegahan Stunting pada Remaja,” tuturnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kasi Dikmad melalui Pengawas Madrasah, Hj. Kalimah menyampaikan selamat dan mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan Gernas Aksi Gizi tersebut. “Alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar. Semua pihak riang gembira. Semua siswa mendapat pengalaman baru tentang cuci tangan dan perawatan gigi yang benar dari petugas kesehatan. Saya bangga. Semoga selalu sehat jiwa raga seluruh civitas akademika Mansaku. Dan sehat selalu untuk kita semua,” ujar Kalimah. (nhd/***)