Lantik Pengurus DA di Hari Pahlawan, Ini Pesan Kepala MAN 1 Kulon Progo

Beretepatan dengan Hari Pahlawan, Pengurus Dewan Penegak atau Dewan Ambalan MAN 1 Kulon Progo dilantik oleh Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. Pramuka harus bisa mewarisi semangat dan jiwa para pahlawan. Dan bisa menjadi suri tauladan. Jika punya keyakinan, pasti ada kesempatan. Jika punya ada kesempatan, pasti ada jalan. If there is a will, there is a way. Man Jadda Wajada. Barang siapa yang bersunguh-sungguh, pasti akan mendapatkan. Hal tersebut disampaikan Kepala MAN 1 Kulon Progo selaku Ketua Majlis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) saat Pelantikan Pengurus Dewan Penegak (DP) atau Dewan Ambalan (DA) MAN 1 Kulon Progo Masa Bakti 2022-2023 pada Kamis (10/11/2022).
“Menjadi pengurus suatu organisasi tidaklah mudah, bahkan sangat berat. Sebab harus menjadi contoh dan suri tauladan terlebih dahulu. Salah satu kunci harus pandai mengatur waktu, antara belajar, berorganisasi, dan mempelopori akhlak dan prestasi. Para pengurus akan jadi pelopor dan tauladan dalam memajukan Pramuka dan Pendidikan di MAN 1 Kulon Progo,” tutur Edi.
“Pergantian dan perubahan adalah sesuatu yang alamiah dan harus terjadi, di alam semesta ini,” tambahnya.

“Selamat berkhidmah dan selamat berjuang! Di mulai dari kalian ini, MAN 1 Kulon Progo akan hebat. Dimulai dari MAN 1, Kulon Progo akan hebat. Dimulai dari Kulon Progo, Yogyakarta akan hebat. Dan dimulai dari Yogyakarta, Indonesia akan hebat,” pungkas Edi.
Dalam kesempatan tersebut, turut hadir mendampingi Kepala Madrasah, Wakamad Bidang Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd., Wakamad Humas, H.A. Khudlori, S.Ag., M.Pd.I., dan para Pembina Pramuka: Harmiyati, S.Pd., M.Sc., Hening Handayani, S.Pd., Muhammad Nur Habibi, S.Pd., dan Suratono, S.Pd.I.
Prosesi Pelantikan diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan Pelantikan Pengurus oleh Kamabigus, Penyematan Pin Jabatan Pengurus, Penandatanganan Berita Acara Serah Terima, dan Serah terima Kepengurusan secara simbolis dari Pengurus masa Bakti 2021-2022 kepada Pengurus masa Bakti 2022-2023, kemudian Sambutan dan Pembekalan umum Kepala Madrasah, dan ditutup dengan do’a.

Pengurus Harian DA Putra (Gudep 07.087) yang dilantik terdiri atas: 1) Ketua: Pino Gromezefa (Kelas XI IPS 1); Wakil Ketua: Hanoon Dana Saputra (XI IPS 1); 2) Sekretaris: Prima Ilham Dwi Adnansyah (Kelas XI IPS 1); dan Bendahara: Frisky Satria (XI IPS 1). Sedangkan Pengurus DA Putri (Gudep 07.088) terdiri dari: Ketua (Rahcellia Dwi April Liani (Kelas XI MIPA 2), Wakil Ketua: Laila aila uli Arti (Kelas XI IPS 2), Sekretaris: Ayik Septi Agustina (Kelas XI IPS 1), dan Bendahara: Bella Maulina Safrilliani (Kelas XI MIPA 3). Kepengurusan juga dilengkapi beberapa seksi yang membidangi tugas dan tanggungjawab khusus. (khd/***)