Dukung Penuh SE Menag Nomor 20 Tahun 2021, MAN 1 Kulon Progo Gelar Sosialisasi

Sebagai bentuk partisipasi dalam upaya mengurangi lonjakan penyebaran Covid-19, Kepala MAN 1 Kulon Progo bersama dengan guru dan pegawai sosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Selasa (27/7/2021) sekaligus Sosialisasi Rencana Vaksinasi bagi Siswa. Sosialisasi tersebut diikuti oleh Komite Madrasah, siswa dan orang tua/wali siswa kelas X, XI, XII, serta bapak ibu guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo.

Pada kesempatan yang baik tersebut Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan kondisi pandemi terkini dan mengajak seluruh warga madrasah bersama-sama dengan orangtua wali untuk menaati protokol kesehatan guna menekan angka konfirmasi positif Covid-19. “Bapak/ Ibu, seperti yang kita ketahui bersama bahwa pandemi ini masih saja berlangsung. Bahkan belakangan menunjukkan angka yang cukup fantastis. Oleh karena itu, perlu sekali kita menerapkan protokol kesehatan di manapun dan kapanpun”, ungkapnya.

Lebih lanjut Edi menjelaskan mengenai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penerapan Prokes 5M dan Pembatasan Kegiatan Peribadatan kepada peserta Zoom Meeting. “Sesuai edaran Menteri Agama, mari bapak/ibu, kita sama-sama menjaga kesehatan, kenyamanan lingkungan sekitar, dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan 5M+1D”, ujarnya.

“Adapun himbauan 5M+1D tersebut terdiri dari memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan senantiasa ber-do’a memohon perlindungan dari wabah penyakit”, pungkas Edi

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi pelaksanaan vaksin bagi siswa. Sosialisasi disampaikan oleh Lilik Wuryani, dari Puskesmas Pengasih 1. Menurutnya, vaksin merupakan langkah penting yang harus ditempuh guna meningkatkan kekebalan tubuh serta menekan angka Covid-19. “Vaksin ini merupakan ikhtiar nyata bagi kita semua, sehingga pemerataannya pun harus segera terlaksana, termasuk bagi siswa MAN 1 Kulon Progo nantinya”, jelasnya.

“Dengan vaksinasi, diharapkan tercapai kekebalan tubuh, sehingga bersama-sama kita mampu bertahan melawan Covid-19”, imbuh Lilik. (mel)