Rapat Dinas Online Guru dan Pegawai

Situasi pandemi global covid-19 tidak menyurutkan kinerja guru-karyawan MANSAKU, karena aktivitas bekerja bisa dilakukan dari rumah (WFH). Karena itu madrasah mengadakan rapat dinas online Sabtu (28/3/2020) yang dimulai pukul 07.00 WIB – 09.00 WIB. Radin online dihadiri guru-karyawan yang dipimpin oleh Kepala MAN 1KP H. Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd, M.Pd selaku pucuk pimpinan madrasah. Rangkaian rapat dipandu oleh Waka Kurikulum H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd. Agenda rapat berkaitan dengan KBM daring selama masa pandemi, kemajuan dan hambatan yang dialami oleh siswa maupun guru.

Dalam sambutannya kepala MAN 1 Kulon Progo mengucap syukur atas segala nikmat. “Sudah lebih dari satu minggu pembelajaran kita dengan sistem daring, tentunya sistem ini ada plus minusnya, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama mengevaluasi kegiatan tersebut”, ujar Edi. Dalam forum online bapak/ibu guru menyampaikan pendapat dan pengalamannya yang berkaitan dengan KBM daring, hambatan dan solusi serta harapan siswa terkait dengan pembelajaran daring.

Secara umum pembelajaran online dapat berjalan dan mampu diterima oleh peserta didik. Namun kendala seperti jaringan internet yang kurang mendukung, borosnya paket data menjadi catatan tersendiri. Sebenarnya KBM daring yang dilakukan guru tidaklah memberatkan siswa karena siswa tidak terpaku untuk menyelesaikan materi soal saja. Pembelajaran bisa juga berupa literasi yang dapat diperoleh dari Google. Di akhir acara rapat dinas juga ditekankan agar guru mengedukasi kepada siswa tentang covid-19, sehingga bisa menjaga diri dan keluarga dengan menerapkan hidup bersih dan social distancing. (dwi)