Bimtek Videoscribe, MAN 1 Kulon Progo Gandeng BTKP DIY

MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) yang berlokasi di Jalan Mandung Kapanewon Pengasih menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan media pembelajaran videoscribe untuk para guru mata pelajaran. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (4-5/11/2020), bertempat di ruang AVA MAN 1 Kulon Progo. Sebanyak 15 guru mata pelajajaran (mapel) mengikuti bimtek pembuatan videoscribe dengan penuh semangat. Adapun fasilitator pembuatan bimtek tersebut berjumlah 3 orang berasal dari Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY.

Pembukaan bimtek pembuatan media pembelajaran videoscribe dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. Kepala Kankemenag mengapresiasi dan mendukung penuh adanya bimtek pembuatan media pembelajaran videoscribe ini.

Dalam sambutannya Kakan menyampaikan bahwa MLS sangat penting untuk mempertahankan pembelajaran yang interaktif dan memacu semangat siswa. “Kondisi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 bisa saja membuat siswa merasa bosan belajar di rumah, ditambah dengan pembelajaran monoton yang hanya memberikan tugas demi tugas saja. Untuk itu perlu adanya inovasi media pembelajaran, baik berupa visual yaitu video maupun audiovisual,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menegaskan bahwa MLS akan membuat siswa semakin senang dengan pembelajaran. “Mobile Learning Service (MLS) merupakan kesempatan untuk para guru dalam memperbarui kecakapan pembuatan media pembelajaran yang diperuntukkan kepada para siswa. Siswa akan merasa senang dan nyaman dalam belajar, sehingga bersama-sama dapat menumbuhkan nilai-nilai dari Merdeka Belajar,” tutur Edi.

Output dari bimtek tersebut adalah guru dapat memiliki satu video pembelajaran videoscribe sesuai dengan mata pelajarannya. Para guru terlihat antusias mengikuti bimtek hingga selesai. Semangat tersebut ditunjukkan dengan 6 guru yang maju mempresentasikan hasil videonya dan komitmen untuk mengimbaskan kepada teman-teman guru lainnya. (mel).