Field Trip MAN 1 Kulon Progo ke Beberapa Museum di Yogyakarta

(Kulon Progo) Siswa kelas X MAN 1 Kulon Progo mengadakan kunjungan ke 3 museum yang berada di wilayah Yogyakarta Rabu (26/9). Tiga museum yang dikunjungi antara lain museum Yogya Kembali (MONJALI), museum Vredeburg dan museum Gembiraloka. Para siswa diberi lembar kerja sebelum masuk ke museum sehingga mereka bisa mengamati dan mencari data yang dibutuhkan untuk dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh madrasah.  Monjali  menjadi museum pertama yang dikunjungi  siswa.

Di Monjali ini siswa menyaksikan film perebutan kota Yogya dari tangan Belanda yang akhirnya Yogya kembali di pangkuan ibu pertiwi. Dari museum ini siswa mengetahui bahwa perjuangan untuk bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan senjata atau fisik (disimbolkan dengan orang membawa bambu runcing) dan dengan diplomasi (disimbolkan dengan orang membawa pena).

Pukul 10.00 rombongan melanjutkan perjalanan ke museum berikutnya yaitu  Vredeburg.Dimuseum ini siswa menyaksikan berbagai karya seni, patung, bangunan dan berbagai senjata peninggalan zaman Belanda . Di dalam benteng ini siswa madrasah dapat berwisata sekaligus mengenang nilai-nilai sejarah yang tersurat dan tersirat dalam museum.Dengan antusias siswa mengelilngi dan melihat bangunan bersejarah bercorak bangunan belanda dengan tembok tebal berwarna putih dan banyak menara penyangganya.

Adalah museum Gembiraloka menjadi perjalanan terakhir dari studi lapangan siswa madrasah kelas X. Dengan tekun siswa mengamati isi museum, dimana museum ini merupakan bagian dari kebun raya dan kebun binatang Gembiraloka. Berbagai koleksi ditampilkan dalam wahana interaktif yang dapat menambah informasi. “ Dengan berwisata kemuseum ini kita dapat menikmati kekayaan ragam hayati Indonesia dan keanekaragaman flora fauna “, ujar Suprihatin, S.Pd pendamping sekaligus guru Biologi MAN 1 Kulon Progo.

Hal senada diungkapkan oleh Khoiriyatun,M.Sc bahwa kunjungan kemuseum merupakan pembelajaran diluar sekolah yang sangat menyenangkan dan mampu menambah wawasan tentang lingkungan dan kecintaan terhadap pahlawan yang telah gugur membela bangsa. Kunjungan kemuseum adalah wujud penghargaan dan terimakasih kepada para pahlawan.(dwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 MAN 1 Kulon Progo - Yogyakarta | Tim Publikasi. All Rights Reserved. |