Ikuti Rangkaian Hari Guru Nasional, MAN 1 Kulon Progo Melaksanakan Muqoddaman Al-Qur’an Virtual

Kulon Progo (MAN1KP) – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020, MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) mengikuti kegiatan muqoddaman virtual. Muqoddaman virtual ini merupakan rangkaian kegiatan HGN 2020 yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah DIY, Senin (23/11/2020).

Kegiatan muqoddaman virtual terpusat di Ruang Rapat PTSP Kemenag DIY dan diikuti oleh 611 madrasah, pegawai di lingkungan Kanwil dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-DIY, termasuk di dalamnya adalah MAN 1 Kulon Progo. MAN 1 Kulon Progo melaksanakan muqoddaman di dua tempat yaitu ruang AVA untuk guru dan pegawai putra, sedangkan serambi masjid Al-Huda untuk guru dan pegawai putri. Hal ini bertujuan untuk memecah jumlah kerumunan, mengingat kondisi pandemi yang belum berakhir.

Dalam kegiatan tersebut, Kakanwil Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. berharap kegiatan muqoddaman dapat meneguhkan penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an. “Dengan ini maka harapannya Al-Qur’an dapat melandasi seluruh aktivitas layanan yang kita lakukan,” ungkap Kakanwil. “Apalagi bagi guru dalam mengawal tugas mencerdaskan anak-anak bangsa,” imbuhnya.

Guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo mengikuti kegiatan muqoddaman dengan khidmat melalui ruang virtual zoom yang sebelumnya telah dibagikan melalui surat dari Kantor Wilayah DIY. Kegiatan muqoddaman virtual dimulai pukul 07.30 hingga 09.30 WIB.

Sejalan dengan itu, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa, “Kegiatan muqoddaman merupakan penguat dan semangat bagi bapak/ ibu guru untuk membentuk siswa-siswi MAN 1 Kulon Progo menjadi semakin berkarakter.” Kegiatan muqoddaman virtual ditutup dengan doa khotmil qur’an oleh KH. Hasan Abdullah, pengasuh Pesantren Assalafiyyah Mlangi, secara terpusat. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kembul ingkung. (mel)