Jelang UNBK MAN 1 Kulon Progo Gelar Bakti Sosial dan Bersih Lingkungan

MAN 1 Kulon Progo Kamis (5/5) menyelenggarakan acara bakti sosial dan aksi bersih lingkungan.Kegiatan ini dilakukan oleh anak-anak kelas XII dari semua jurusan dengan berseragam pramuka yang dipandu oleh H. Akhmad Khudlori, M.Pd.I, Hening Handayani, S.Pd, Suratono, S.Pd.I. Tiga pondok pesantren dan satu panti asuhan menjadi sasaran bakti sosial yaitu Pondok Pesantren Nurul Falah Pengasih, Nurudh dholam Pengasih, Budi Mulia Sentolo dan panti asuhan Muhammadiyah Galur dan lingkungan  madrasah dan sekitarnya menjadi sasaran aksi bersih lingkungan.

Bakti Sosial berupa beras dan sabun mandi merupakan hasil swadaya dari anak-anak kelas XII.Penyerahan beras dan sabun ke sejumlah ponpes dan panti dilakukan oleh siswa yang didampingi bapak/ibu guru pembimbing.Kegiatan baksos ini dilakukan oleh siswa dengan penuh semangat dan atusias.Sedangkan aksi bersih lingkungan dilakukan dengan cara memungut sampah dilingkungan madrasah dan sekitarnya sehingga menciptakan lingkungan yang asri.

Menurut Akhmad Khudlori sebagai ketua panitia dan sekaligus pemandu pramuka kegiatan baksos dan bersih lingkungan mempunyai maksud dan tujuan pembersihan diri dan lingkungan.”Jika ingin lancar  dan sukses dalam UNBK tidaak cukup belajar dan berdoa saja tetapi juga didukung dengan sedekah”, ungkap Khudlori.Sehingga diharapkan sebelum ujian siswa benar-benar bersih dari dosa dan terhindar dari masalah, sehingga dimudahkan dalam menghadapi UNBK besok.

Semua aksi siswa kelas XII tersebut merupakan  bukti kepedulian madrasah terhadap lingkungan sosial dan lingkungan hidup.Merupakan bentuk implementasi langsung rasa cinta dan kasih sayang yang disarankan oleh Islam yang mampu memperkuat tali persaudaraan.Disamping itu kegiatan ini untuk mengakhiri kegiatan pramuka kelas XII kurikulum 13 karena pramuka merupakan kegiatan ekstra kulikuler wajib. (dwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 MAN 1 Kulon Progo - Yogyakarta | Tim Publikasi. All Rights Reserved. |