Kanwil Kemenag DIY Lakukan Pendampingan ZI MAN 1 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 1 KP) – Menindaklanjuti program WBK/WBBM (Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) madrasah, Subbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag DIY melakukan pendampingan pembinaan Zona Integritas (ZI) Tahun 2021 di MAN 1 Kulon Progo, Kamis (10/6/2021). Pendampingan pembinaan ZI ini merupakan tahapan dalam rangka menyiapkan MAN 1 Kulon Progo menjadi madrasah yang ber-Zona Integritas, memenuhi kualifikasi WBK kemudian selanjutnya WBBM. Demikian disampaikan Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya mengawali  kegiatan pemdapmpingan ZI di ruang AVA madrasah setempat.

Lebih lanjut Edi menyampaikan pentingnya ZI di madrasah, “Zona Integritas di madrasah merupakan tonggak awal perubahan khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan layanan publik”, jelas Edi.

Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Dini Meiyanti, SE., M.Si., Analis Kebijakan Subbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag DIY. Dalam kesempatan tersebut, Dini bersama dengan seluruh Tim ZI MAN 1 Kulon Progo menganalisis apa itu ZI pada Kementerian Agama, syarat-syarat beserta evident yang dibutuhkan.

Dini juga menyampaikan mengenai kesiapan madrasah dalam mewujudkan ZI mencapai WBK/WBBM ini. “Saya telah mendampingi tiga madrasah sebelumnya untuk piloting project ZI dan hasilnya Saya menyimpulkan bahwa madrasah lebih siap untuk mewujudkan WBK/WBBM ini”, ungkap Dini.

“Kesiapan tersebut ditunjukkan dengan adanya Tim Kerja yang solid seperti ini dan memiliki tujuan bersama untuk mewujudkan ZI”, imbuhnya. Antusiasme Tim ZI MAN 1 Kulon Progo terlihat selama kegiatan pendampingan berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan tertib dan banyaknya penanya dalam kegiatan tersebut. Komitmen mewujudkan ZI juga ditunjukkan dengen dibentuknya grup WA Tim ZI bersama Humas MAN 1 Kulon Progo, dalam menindaklanjuti kegiatan pendukung lainnya. (mel/***)