Kenalkan Lingkungan Madrasah Kepada Peserta Didik Baru, MAN 1 Kulon Progo Gelar MATSAMA

Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) sukses dilaksanakan selama tiga hari secara daring melalui YouTube Channel MANSAKU. Terhitung mulai Senin hingga Rabu (12-14/7/2021) kegiatan MATSAMA Tahun Pelajaran 2021/2022 diikuti oleh peserta didik baru kelas X MAN 1 Kulon Progo. Masa Ta’aruf tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar peserta didik baru dapat mengenal lingkungan madrasah, kurikulum dan tata tertib yang berlaku di madrasah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. dalam pembukaan MATSAMA yang dilaksanakan pada Senin (12/7/2021) di Ruang AVA madrasah setempat.

“Masa Ta’aruf ini ditujukan agar para peserta didik baru dapat mengenal secara baik terhadap lingkungan madrasah, kurikulum dan tata tertib yang berlaku. Sehingga mampu menumbuhkan kecintaan dan komitmen untuk menorehkan prestasi”, ungkap Edi.

“Kendati dilaksanakan secara daring, peserta didik diharapkan untuk mengikuti kegiatan dengan baik sehingga memberikan banyak kemanfaatan bagi kita”, lanjutnya.

Materi di hari pertama dikhususkan membahas mengenai Visi Misi Madrasah, Sejarah Madrasah, Struktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), serta Kegiatan Keorganisasian di MAN 1 Kulon Progo. Dilanjutkan di hari kedua, dengan materi Moderasi Beragama dan Etika Bermedia Sosial. Terakhir, di hari ketiga disampaikan tentang program madrasah keterampilan, madrasah riset dan robotik, madrasah digital, serta madrasah tahfidz.

Penutupan kegiatan MATSAMA dilakukan oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo pada Rabu (14/7/2021). Pada kesempatan tersebut, Edi menyampaikan selamat bergabung kepada peserta didik baru MAN 1 Kulon Progo. “Sekali lagi kami ucapkan selamat bergabung di MAN 1 Kulon Progo. Semangat belajar dan sukses, di mana tentunya kesuksesan perlu diraih dan didukung secara bersama-sama. Maka kami siap membimbing dan mengantarkan anak-anak meraih cita-cita”, pungkasnya. (mel)