MAN 1 Kulon Progo Gelar Deklarasi Pakta Integritas WBK

Menindaklanjuti komitmen predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada madrasah, MAN 1 Kulon Progo adakan deklarasi pakta integritas. Kegiatan berlangsung di Ruang AVA MAN 1 Kulon Progo pada Senin (19/04/2021) pagi. Dalam kegiatan tersebut, seluruh guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo menandatangani pakta integritas, setelah sebelumnya bersama-sama mengucapkan Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama. Pengucapan nilai budaya kerja bukan hanya sekedar simbolisasi, melainkan wujud bahwa nilai-nilai tersebut akan terus terinternalisasikan.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengemukakan acuan kegiatan tersebut. “Kegiatan deklarasi pakta integritas ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang sasarannya meliputi peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Kemudian diperkuat dengan Peraturan Menpan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah”, tuturnya.

“Melalui acuan hukum tersebut, harapannya madrasah mampu memenuhi nilai integritas dalam kerangka WBK. Ini merupakan momentum yang baik untuk kita, agar dapat memperbaiki citra madrasah. Memberikan kemudahan pelayanan dan transparansi kepada publik. Maka bersama-sama harus kita wujudkan secara holistik”, imbuh Edi.

Edi juga mengajak seluruh guru dan pegawai untuk mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan dalam penilaian. “Mari kita siapkan evidence-evidence yang dibutuhkan dalam penilaian, komitmen membangun zona integritas, dan tidak lupa tentunya melengkapi dengan dokumentasi-dokumentasi lainnya. Untuk Mansaku yang lebih baik”, pungkasnya.

Setelah selesai menandatangani pakta integritas, guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo bersama-sama mengucapkan yel-yel. Mansaku, Satu Kata, Satu Hati, Satu Langkah, Mansaku Jaya. Integritas Yes, Korupsi No! Disiplin Yes, Pungli No! (mel)