Sambut Tahun Baru Hijriyah, Guru-Pegawai Gelar Tadarus dan Muhasabah

Tahun ini, 1 Muharram 1442 H atau Tahun Baru Hijriyah jatuh pada hari Kamis (20/8/2020). Pergantian Tahun Baru Hijriyah dimaknai sebagai momen untuk introspeksi diri atau muhasabah. Dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah, MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) mengadakan Tadarus dan Muhasabah. Acara dilaksanakan di Masjid Al Huda Mansaku, Rabu (19/8/2020) tersebut serta diikuti oleh seluruh guru dan pegawai Mansaku.

Tadarus dipimpin oleh H. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.S.I. dengan membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan surat Al-Baqarah. Setelah tadarus, Mustafid berbagi ilmu tentang tajwid yang berkaitan dengan tanda waqof. “Setiap ayat dalam Alquran mempunyai waqof. Ada yang boleh berhenti dan ada yang boleh lanjut,” kata Mustafid.

Setelah Tadarus dilanjutkan dengan muhasabah. Muhasabah yakni upaya dalam melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap diri sendiri dalam melihat aspek kebaikan dan kekurangan. Kepala MAN 1 Kulon Progo H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M. Pd. mengatakan bahwa  muhasabah ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan kepada Allah (habluminallah), dan hubungan kepada sesama manusia (habluminannas). “Muhasabah ini sangat penting, dan sebisa mungkin tak boleh dilewatkan. Sebab hidup di dunia itu sangat singkat,” ungkapnya.

Edi juga menambahkan bahwa dengan muhasabah, kita akan terbiasa merenung dan mengetahui makna di balik kehidupan. “Dengan muhasabah kita akan menyadari masih banyak kekurangan, maka diharapkan tumbuh kesadaran dalam diri untuk melakukan yang lebih baik,” pungkasnya. (pra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 MAN 1 Kulon Progo - Yogyakarta | Tim Publikasi. All Rights Reserved. |