MAN 1 Kulon Progo Gelar Uji Publik Kurikulum 2021/2022

Uji Publik Kurikulum MAN 1 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2021/2022 resmi dilaksanakan pada Rabu (30/6/2021) di ruang AVA madrasah setempat. Kegiatan ini menghadirkan Akademisi Bidang Pendidikan UNY, Dr. H. Arif Rohman, M.Si., Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum., Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., Pengawas Madrasah Kulon Progo, Hj. Kalimah, S.Ag., MA., Ketua Komite, Drs. H. Pahid Mahmud Rais, MA., Sekretaris Komite, Bagus Wahyudi, S.Pd., wakil masyarakat, perwakilan siswa, dan diikuti seluruh Guru dan Pegawai MAN 1 Kulon Progo serta

Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan Uji Publik Kurikulum MAN 1 Kulon Progo. “Uji Publik Kurikulum ini sebagai upaya untuk mempersiapkan pembelajaran MAN 1 Kulon Progo tahun pelajaran 2021/2022, sehingga masukan, tanggapan, maupun perbaikan dari para ahli tentunya sangat kami diharapkan”, ujarnya.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi terhadap jalannya uji publik ini. Tentu menjadi sumbangsih bagi MAN 1 Kulon Progo yang lebih baik”, pungkas Edi.

Sementara itu, Kakankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd. mendukung penuh dan mengapresiasi penyusunan kurikulum MAN 1 Kulon Progo. “Kami mendukung dan tentunya mengapresiasi penyusunan kurikulum MAN 1 Kulon Progo. Untuk selanjutnya, kita sebagai lembaga pendidikan madrasah harus menempatkan diri di zona tidak aman agar senantiasa bersiap dalam menghadapi problematika zaman. Oleh karenanya, kurikulum kita perlu interdisiplin bahkan multidisiplin untuk memenuhi tantangan tersebut”, tuturnya.

“Implementasi kurikulum di MAN 1 Kulon Progo merupakan amanah masyarakat melalui komite, siswa, akademisi, maupun birokrasi, sehingga kurikulum yang ada diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Manajemen kurikulum perlu terintegrasi secara holistik dan komprehensif serta dipersiapkan untuk menjawab tantangan zaman”, lanjut Kakankemenag Kulon Progo. Kegiatan uji publik dilanjutkan dengan pemaparan kurikulum oleh Waka Kurikulum MAN 1 Kulon Progo, H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd., selanjutnya dikritisi secara bergantian oleh Akademisi Bidang Pendidikan UNY, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, dan Pengawas Madrasah Kab. Kulon Progo. Masukan dan saran juga disampaikan oleh komite, wakil masyarakat dan perwakilan siswa. (mel/***)