MAN 1 Kulon Progo Gelar Workshop Penyusunan Administrasi Pembelajaran Kurikulum 13 (Revisi)

Kulon Progo (MANSAKU) – Bertempat di ruang AVA madrasah diadakan acara workshop penyusunan administrasi pembelajaran kurikulum 13 revisi Kamis (20/06/2019). Workshop ini diikuti oleh seluruh guru madrasah dengan menghadirkan nara sumber tunggal yaitu Kalimah, S.Ag, MA. selaku pengawas madrasah.

Dalam sambutannya Kepala MAN 1 Kulon Progo, Khoiriyatun, M.Sc mengatakan bahwa tugas guru adalah  mendidik dan mengajar. Mendidk  diera digital guru harus manpu menjadi teladan bagi peserta didik. Selain itu sebagi pengajar guru harus mampu membuat perangkat pembelajaran. “Diharapkan dengan adanya workshop ini guru mampu membuat perangkat pembelajaran dengan baik, tertib dan seragam sesuai dengan standar”, ujar Khoiriyatun.

Workshop ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo H. Nurudin, SH., MA. Pada kesempatan ini beliau mengatakan bahwa “Guru adalah agen perubahan yang diharapkan mampu merubah siswa menjadi lebih baik dalam hal pengetahuan maupun karakter”. Karena tujuan pendidikan adalah mewujudkan anak didik yang beriman, bertaqwa, berahklaqul karimah serta cinta tanah air, Sehingga terwujudlah madrasah hebat bermartabat. Untuk mewujudkannya memang tidak mudah dan membutuhkan perjuangan dari segenap guru, siswa dan madrasah itu sendiri.

Workshop penyusunan administrasi pembelajaran kurikulum 13 (revisi) disampaikan dengan runtut dan jelas oleh Kalimah, S.Ag, MA. Dimulai dari buku kerja 1, buku kerja 2 dengan bagian-bagiannya. Selain itu para guru juga diajarkan program dan teknik penilaian yang bisa dilakukan oleh guru di kelas. Workshop kali ini juga membekali para guru madrasah untuk dapat mengembangkan silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan mapelnya masing-masing. Selain itu  nara sumber juga memotivasi peserta workshop untuk aktif di MGMP dalam rangka pengembangan diri guru. (dwi)