MAN 1 Kulon Progo Ikuti Reviu Pelayanan Publik Program Pendidikan Islam

Menindaklanjuti program WBK/ WBBM madrasah, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengadakan pendampingan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM Tahun 2021. Reviu pelayanan publik berlangsung selama dua hari, yakni hari Selasa hingga Rabu (8 – 9/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut, guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo dibagi di dua ruang terpisah. Sebanyak 21 orang stakeholder madrasah yang merupakan Penanggung Jawab (Kepala Madrasah), Tim Pengarah, Koordinator Bidang dan Anggota di setiap bidang penilaian ZI mengikuti zoom meeting di Ruang AVA MAN 1 Kulon Progo.  Untuk guru dan pegawai lainnya mengikuti secara streaming di Ruang Guru.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., menegaskan pentingnya kegiatan ini untuk diikuti. “Dalam rangka percepatan mewujudkan wilayah madrasah bebas dari korupsi, tentu kegiatan pendampingan ini sangat penting bapak/ ibu, maka harus kita ikuti secara bersama-sama, agar semakin banyak yang memahami isi dari pendampingan, sehingga bisa langsung diimplementasikan”, jelas Edi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh madrasah dan kampus Islam se-Indonesia. Khusus untuk DIY ada 15 undangan, yakni MAN 1 Yogyakarta, MAN 2 Kulon Progo, MAN 2 Yogyakarta, MAN 1 Kulon Progo, MAN 3 Sleman, MAN 4 Sleman, MAN 1 Gunungkidul, MAN 3 Bantul, MAN 4 Bantul, MAN 2 Bantul, MTsN 1 Yogyakarta, MTsN 6 Sleman, MTsN 9 Bantul, MTsN 4 Gunungkidul, dan MTsN 1 Kulon Progo.

Materi di hari pertama disampaikan oleh Kemenpan-RB berisi tentang strategi peningkatan kualitas pelayanan publik dan reviu standar pelayanan pendidikan Islam. Kemudian materi di hari kedua disampaikan oleh Tim Humas Ditjen Pendis dan Tim Pusdiklat Tenaga Teknis dan Keagamaan yang berisi tentang Penyiapan Video Profil dan Inovasi Pelayanan Publik.

Edi bersyukur adanya pendampingan tersebut akan mempermudah guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo dalam melaksanakan ZI. “Alhamdulillah pendampingan selama dua hari berjalan dengan lancar, materinya sangat bermanfaat dan menjadi langkah yang memudahkan kami mewujudkan ZI”, pungkasnya. (mel)