MAN 1 Kulon Progo Laksanakan Ujian Madrasah Daring

Ujian Madrasah (UM) menjadi salah satu aspek penentuan kelulusan peserta didik setelah Ujian Nasional resmi ditiadakan. Guna mendukung terlaksananya Ujian Madrasah yang tuntas, MAN 1 Kulon Progo melaksanakannya secara daring, Senin (22/3/2021) – Kamis (1/4/2021) mendatang. Hal ini dikarenakan suasana pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Dalam pelaksanaannya, Ujian Madrasah kali ini menggunakan platform Geschool yang dapat memantau ujian siswa secara real time. Guru juga langsung dapat melihat hasil ujian siswa dan memberikan teguran ketika siswa belum mulai mengerjakan soal. Kesiapan ini merupakan komitmen madrasah untuk menyukseskan kegiatan Ujian Madrasah.

Awalnya, Waka Bidang Akademik membentuk panitia dan melakukan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Ujian Madrasah. Setiap harinya selama ujian berlangsung, panitia termasuk wali kelas selalu berkoordinasi melalui grup WhatsApp dan memantau peserta didik melalui akun Geschool.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. berharap seluruh siswa kelas XII dapat mengikuti Ujian Madrasah secara maksimal. “Meskipun Ujian Madrasah kita laksanakan secara daring, kita harus memastikan bahwa seluruh peserta didik kelas XII dapat mengikutinya secara maksimal. Ini akan melatih kedisiplinan dan kesiapan mereka untuk pendidikan di jenjang yang lebih tinggi”, ungkapnya.

Ada dua mata pelajaran yang diujikan setiap harinya. Hasilnya, di hari pertama siswa kelas XII MIPA 1, MIPA 2, IPS 1, IPS 2 dan IPS 3 mampu mengikuti Ujian dengan baik. Hanya ada satu anak yang terlihat terlambat mengerjakan, namun kemudian dapat melakukan susulan. Di hari kedua sampai dengan hari keempat terpantau sama, yakni semua siswa dapat mengerjakan dengan baik. “Ini sudah memasuki hari keempat, semoga siswa/siswi tetap bersemangat sampai ujian selesai, sukses dalam pelaksanaannya dan menuai hasil terbaik”, harap Edi. (mel)