MAN 1 Kulon Progo Shooting Video Klip Lagu “Kulon Progo Bangkit”

MAN 1 Kulon Progo gelar shooting video klip lagu “Kulon Progo Bangkit” pada Sabtu (10/10/2020). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru, pegawai, dan 20 siswa Mansaku. Shooting tersebut dilakukan di beberapa sudut Mansaku.

Lagu “Kulon Progo Bangkit” diciptakan oleh Drs. Mardiya, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo. Vokalisnya merupakan siswa Mansaku yaitu Andrean Dafa Putra dan Erna Febriyanti. Sedangkan untuk pengambilan gambar dan penggarapan video klip dilakukan oleh Oriks’s Studio. Lagu yang diciptakan sebagai bonus Hari Jadi Kulon Progo ke-69 tersebut bercerita tentang semangat Kulon Progo untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Dipilihnya Mansaku sebagai salah satu tempat shooting video klip karena majunya PIK R di madrasah tersebut. Kegiatan ini menjadi satu bentuk penghargaan pada madrasah yang telah mengembangkan PIK R hingga pernah meraih juara 1 tingkat DIY, dan sampai sekarang masih bisa mempertahankan beragam kegiatannya untuk generasi muda dalam rangka membentuk Generasi Berencana, yakni generasi yang tidak saja sehat, cerdas, ceria, tetapi juga tidak berperilaku negatif dan dapat menjadi contoh serta idola bagi teman sebayanya. Selain itu, isi dari video klip tersebut mewakili situasi di madrasah yang tetap semangat melakukan kegiatan di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Shooting dilakukan secara estafet, dimulai dari kegiatan PKS atau mengatur lalu lintas di sekitar Mansaku, senam yang diikuti oleh seluruh guru dan pegawai Mansaku serta kegiatan olahraga lainnya seperti basket, bulu tangkis, karate, dan futsal. Setelah itu, shooting dilanjutkan di ruang AVA yaitu rapat guru dan pegawai Mansaku dengan mengenakan baju adat Jawa. Selain itu, beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di Mansaku tak lupa untuk diambil gambarnya guna disisipkan dalam video klip lagu “Kulon Progo Bangkit”. Kegiatan tersebut antara lain: salat berjamaah di masjid, kegiatan siswa di perpustakaan, PIK-R, kelas keterampilan, PTSP, dan diakhiri dengan khataman dan tasyakuran.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd, M. Pd. menyambut baik kerjasama dalam penggarapan video klip lagu “Kulon Progo Bangkit”. “Bahwa pembuatan video klip ini merupakan langkah awal untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa dalam bidang seni, ke depan kerjasama serupa akan ditingkatkan dengan mengeksplorasi berbagai potensi yang ada pada siswa,” kata Edi. (pra)