MAN 1 Kulon Progo Sukses Adakan IHT KTSP

In House Training (IHT) atau dikenal juga dengan pelatihan kerja, dimana pesertanya berasal dari satu organisasi yang sama telah sukses diselenggarakan oleh MAN 1 Kulon Progo. IHT diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan selama tiga hari berturut-turut, yakni Senin hingga Rabu (21-23/6/2021) di Ruang AVA madrasah setempat.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menjelaskan pentingnya kegiatan IHT dalam meningkatkan kualitas sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan. “Tujuan diadakannya In House Training, khususnya membahas KTSP ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga mampu mempercepat pencapaian target madrasah”, jelasnya.

Materi pada hari pertama berisi tentang Menyusun Pembelajaran Aplikatif yang disampaikan oleh Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Drs. Sudarmadi, M.Pd.Si. Dilanjutkan dengan materi Penilaian High Order Thinking Skills (HOTs) oleh Dra. Vipti Retna Nugraheni, M.Ed., selaku Instruktur dan Kepala SMA 1 Pengasih Kulon Progo.

Materi pada hari kedua disampaikan oleh Tim Kurikulum yang menjelaskan KTSP MAN 1 Kulon Progo. Sedangkan di hari terakhir berisi Pendampingan Kurikulum Madrasah oleh Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum., dan Hj. Kalimah, S.Ag., MA Pengawas MA Kulon Progo. Di akhir acara, Kepala MAN 1 Kulon Progo berharap suksesnya kegiatan IHT di MAN 1 Kulon Progo dapat menguatkan kembali visi dan misi dan meningkatkan mutu pendidik maupun tenaga kependidikan. “Selesainya kegiatan IHT di MAN 1 Kulon Progo diharapkan dapat kembali menguatkan visi misi madrasah yang mendukung madrasah digital, riset, maupun keterampilan. Sekaligus mempersiapkan MAN 1 Kulon Progo untuk peningkatan mutu yang lebih baik”, pungkas Edi. (mel/***)