Alhamdulillah, MAN 1 Kulon Progo Wisuda Siswa secara Drive Thru dan Live Streaming

Merespon situasi pandemi yang belum berakhir, MAN 1 Kulon Progo melaksanakan kegiatan Wisuda Purna Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2020/ 2021 secara drive thru pada Jumat (21/5/2021) pagi di halaman tengah madrasah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sistem drive thru ini dilaksanakan dengan cara menghadirkan siswa yang diwisuda beserta walinya berjumlah 1 orang. Siswa beserta wali yang datang langsung memasuki halaman MAN 1 Kulon Progo untuk melakukan prosesi penyamiran dan sesi foto, kemudian mengambil konsumsi dan langsung pulang.

Pada waktu yang sama, seremonial wisuda dilaksanakan di ruang AVA MAN 1 Kulon Progo, dihadiri oleh Kabid Dikmad Kemenag DIY, H. Muntholib, S.Ag., M.Si., Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H., Pengawas Madrasah Kankemenag Kulon Progo, Hj. Kalimah, S.Ag., M.A., Ketua Komite Drs. H. Pahid Mahmud Rais, M.A., dan Wakil Komite Bagus Wahyudi, S.Pd., beserta segenap panitia wisuda dan siswa/siswi perwakilan kelas yang diwisuda.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., meminta para siswa untuk mengambil hikmah dari kondisi pandemi. “Kepada siswa/siswi kelas XII, seperti yang telah kita ketahui bersama pembelajaran selama satu tahun telah dilaksanakan secara daring. Tentunya, siswa/siswi merasa rindu dengan madrasah, akan tetapi kondisi ini tidak kebetulan melainkan tentu ada hikmah yang bisa kita ambil”, tuturnya.

Di akhir sambutannya, Edi juga mengucapkan terima kasih kepada wali kelas dan segenap stakeholder madrasah dengan didukung komite, telah melaksanakan pembelajaran dengan baik. “Terima kasih kepada wali kelas dan segenap stakeholder madrasah dengan dukungan komite, telah melaksanakan pembelajaran dengan baik, membersamai dan mengantarkan siswa/siswi MAN 1 Kulon Progo untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi serta memberikan skill yang dibutuhkan. Ini terbukti dari grafik bertambah banyaknya lulusan madrasah kita yang melanjutkan ke perguruan tinggi”, pungkas Edi.

Sementara itu, Kabid Dikmad Kemenag DIY mengucapkan selamat kepada siswa/siswi kelas XII MAN 1 Kulon Progo dan menjelaskan pentingnya aksesibilitas madrasah bagi masyarakat. “Selamat kepada anak-anakku yang telah melaksanakan wisuda baik luring maupun daring. Kemudian, saya sampaikan memang penting sekali bagi kita semua untuk meningkatkan aksesibilitas madrasah bagi publik atau masyarakat. Madrasah harus bisa diakses oleh masyarakat secara lebih mudah melalui layanan digital”, jelas Muntholib.

Wisuda Purna Siswa tersebut ditayangkan secara live streaming melalui kanal YouTube Mansaku. Hal ini dimaksudkan agar siswa dan wali yang tidak mengikuti seremonial di ruang AVA, maupun publik tetap dapat mengikuti paparan dan pesan wisuda yang disampaikan. (mel/***)