Mantapkan Mental, MAN 1 Kulon Progo Gelar Mujahadah Hadapi Ujian Nasional

Bertempat di masjid Madrasah, Senin, (03/02/2020) MAN 1 Kulon Progo mengadakan Mujahadah atau do’a bersama. Mujahadah ini diikuti oleh para siswa MAN 1 Kulon Progo terutama kelas XII yang dipimpin oleh KH. Mustafid Enukhad, M.S.I, yang juga guru di MAN 1 Kulon Progo didampingi Kepala Madrasah, Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. dan guru Bimbingan Konseling. Mujahadah ini diisi dengan dzikir dan do’a.

Tujuan kegiatan ini adalah memanjatkan do’a kepada Allah SWT agar para siswa diberikan kekuatan dan kemampuan dalam menghadapi ujian nasional dan ujian madrasah. KH. Mustafid Enukhad, M.S.I, di samping memimpin mujahadah, juga memberikan sedikit tausiyah agar para siswa (1) untuk tidak lupa berdo’a kepada Allah SWT, meminta kekuatan dan kemampuan dalam belajar sebagai persiapan untuk menghadapi ujian nasional. (2) berbakti kepada orang tua dan menghormati para guru. Kesuksesan kita dan kecerdasan kita adalah pemberian dan izin Allah SWT.

Secara terpisah, Kepala MAN 1 Kulon Progo menyatakan bahwa madrasah berusaha dengan berbagai ikhtiar untuk menyiapkan para siswa lebih siap menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional. “Secara spiritual, kita mengadakan mujahadah berdoa memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dan dilancarkan dalam menghadapi ujian dengan lulus memuaskan”, tambah Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd.

Memasuki semester genap ini, para siswa dihadapkan pada beberapa tahap latihan ujian sebelum menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional. Untuk menghadapi Ujian Nasional dengan lebih siap, maka madrasah juga memberikan les (pembelajaran khusus di luar jam pelajaran). Dengan usaha lahir dan batin diharapkan para siswa madrasah sukses dalam menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional serta sukses meraih cita-citanya di masa depan. (dko)