MATSAMA di MAN 1 Kulon Progo

Menyambut peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020 diadakan  Acara MATSAMA  (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) selama tiga hari senin (15/7) sampai Rabu (17/7).  Matsama MAN 1 Kulon Progo dibuka oleh kepala madrasah Khoiriyatun, M.Sc di lapangan tengah madrasah.  Dalam kesempatan ini beliau mengucapkan selamat datang pada peserta didik baru serta menyampaikan beberapa hal tentang kebijakan madrasah yang harus diketahui oleh peseta didik baru.

 Di hari pertama Matsama peserta didik baru dikenalkan pada lingkungan perpustakaan, wawasan wiyata mandala, tata tertib madrasah Hari kedua siswa dibekali dengan kegiatan baris berbaris, ilmu wawasan kebangsaan dan radikalisme. Hari terakhir diisi oleh pengetahuan tentang Islam, madrasah adiwiyata, kesehatan reproduksi dan keorganisasian OSIS.

Banyak hal yang dapat digali dari Matsama antara lain siswa baru lebih mengenal lingkungan madrasah, dapat menggali potensi siswa baru serta mendorong siswa baru berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.   “Dengan MATSAMA ini diharapkan siswa baru mampu mengenal madrasah dengan baik dan lebih mencintai madrasah”, ujar Khoiriyatun selaku kepala MAN 1 Kulon Progo. Sekali lagi madrasah lebih baik, lebih baik madrasah. (dwi)