Mengenali Emosi dan Mengelola Marah Bersama Rifka Annisa

Ekstrakulikuler PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) kembali mengadakan pertemuan kelas karakter bimbingan Rifka Annisa diruang AVA Senin (18/11/2019). Seperti biasa kelas karakter dibawakan oleh para relawan dengan mengambil tema “Mengenali Emosi dan Mengelola Marah”. Diawali dengan ice breaking agar suasana menjadi lebih kondusif. Pada materi kali ini siswa diajak berdiskusi tentang marah, apakah bagian dari perasaan atau tindakan.

Perasaan seperti sedih, senang dan marah adalah bagian dari anugrah. Marah tidak selalu buruk yang menjadi buruk adalah perilaku dari marah tersebut.Marah penting untuk menegaskan hak kita sehingga orang lain akan tahu yang kita maksudkan.  Marah bisa disebabkan dari diri sendiri dan orang lain. Penting bagi kita untuk mengenali reaksi ketika marah supaya kita bisa mengendalikan diri. Demikian  materi tentang marah yang disampaikan oleh kakak relawan dari Rifka Annisa.

Fikri Alamsyah (XI IPA 3) salah satu siswa yang mengikuti kelas karakter menyampaikan caranya mengendalikan rasa marah dengan cara diam dan beristigfar. Alfin Febri Arsela (X IPA 2) menceritakan pengalamannya ketika marah didepan teman-temannya. Suasana menjadi hidup dengan diskusi dan mendengarkan pengalaman antar teman.

Karena marah itu merupakan bagian dari perasaan maka wajar kita miliki yang penting ungkapan marah jangan merugikan orang lain. Dampak positif setelah marah seperti lega dan puas. Ekspresi marah bisa diarahkan ke hal yang positif seperti menyibukkan diri, jalan-jalan, makan dan lain-lain. Ditemui ditempat tepisah Khoiriyatun, M.Sc. kepala MAN 1 Kulon Progo mengatakan “ Jika peserta didik mampu mengenali emosi dan mampu mengendalikan emosi akan didapat jati diri sehingga menjadi pelajar yang bermartabat mulia “. (dwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 MAN 1 Kulon Progo - Yogyakarta | Tim Publikasi. All Rights Reserved. |