Outing Class Wajib Kunjung Museum MAN 1 Kulon Progo

Pembelajaran diluar kelas (outing Class) merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang menyenangkan. Mengajak peserta didik membaur dengan lingkungan sekitar dan  mengamati langsung obyek diluar kelas. Outing class WKM ( Wajib Kunjung Museum) Man 1 Kulon Progo dengan mengambil tiga obyek belajar yaitu museum Geoteknologi Mineral, Kraton Yogyakarta dan Sonobudoyo Kamis (31/10). Outing class WKM diikuti oleh seluruh siswa kelas X.

Museum Geoteknologi Mineral menjadi kunjungan pertama. Di museum ini siswa  belajar banyak hal yang berkaitan dengan batuan, fosil, mineral, foto sayatan batuan, batu mulia, bahan galian, peta dan artefak. Kraton Yogyakarta menjadi tujuan kedua dari kegiatan WKM. Para siswa mengantri dengan rapi memasuki kraton dari pintu barat Sri Manganti. Dengan tenang dan santun siwa madrasah peserta WKM mengitari ruangan dalam kraton didampingi oleh abdi dalem. Dari sini siswa belajar banyak hal tentang sosio kultural kerajaan dan makna simbolik yang tersurat maupun tersirat. Semua bangunan, artefak kraton, tanaman bahkan perilaku mempunyai makna yang mendalam.

Sonobudoya menjadi tujuan akhir outing clas WKM. Tidak kalah menarik museum ini menampilkan suasana klasik penuh dengan kemewahan. Menampilkan ragam batik, tulisan tempo dulu, seni wayang maupun seni pahat. “Siswa menimba banyak ilmu dari ragam budaya dan peninggalan tempo dulu”, ujar Khoiriyatun., M.Sc  Kepala MAN 1 Kulon Progo. Kegiatan seperti ini akan memberi kesan mendalam bagi peserta didik. Mengajarkan siswa berinteraksi langsung dengan lingkungan sosial budayanya. (dwi)