Pembelajaran Online, Kepala MAN 1 Kulon Progo Imbau Guru Lebih Kreatif

MAN 1 Kulon Progo menggelar kegiatan evaluasi dan supervisi pembelajaran daring yang diikuti oleh seluruh guru MAN 1 Kulon Progo. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (24/08/2021) dan Kamis (26/08/2021) ini dilakukan untuk menjaring kendala yang terjadi terutama minat siswa selama pembelajaran daring.

Melalui kegiatan evaluasi yang dilaksanakan ini, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., mengajak seluruh guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajara. “Bapak/Ibu diharapkan lebih kreatif dan dapat semaksimal mungkin memanfaatkan teknologi kekinian sehingga pembelajaran daring akan lebih menarik,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, setiap guru melaporkan beberapa siswa yang memiliki kendala dalam pembelajaran online untuk selanjutnya akan dijadwalkan home visit oleh wali kelas dan guru Bimbingan Konseling (BK).

Selain kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dalam dua gelombang tersebut, seluruh guru memperoleh jadwal supervisi pembelajaran oleh kepala madrasah. Dalam kegiatan ini, kepala madrasah mengamati secara langsung proses pembelajaran di kelas daring untuk kemudian memberikan catatan, masukan dan penilaian kepada guru yang disupervisi.

Lebih lanjut Edi mengungkapkan bahwa evaluasi dan supervisi ini merupakan serangkaian kegiatan membantu guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran selama masa pandemi. “Dari hasil supervisi ini, selanjutnya dilakukan tindak lanjut terhadap temuan dan kendala yang dihadapi oleh guru di kelas daring,” tambah Edi.

Edi juga menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi dan supervisi ini dilakukan secara rutin setiap semester. “Dengan pendampingan, pengarahan dan evaluasi secara berkesinambungan diharapkan dapat meningkatkan mutu kinerja guru menjadi lebih baik lagi,” pungkas Edi. (yan/***)