Pemilos Daring Serentak, Berdemokrasi Saat Pandemi Covid-19

MAN 1 Kulon Progo melaksanakan pesta demokrasi pemilihan OSIS (Pemilos) secara daring pada Kamis (1/10/2020). Pemilos secara daring dilaksanakan untuk menyikapi pandemi Covid-19 yang sudah dikonsepkan oleh pengurus OSIS dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh ketua OSIS Mansaku sekaligus sebagai Panitia Pemilihan OSIS (PPO), Faiz Ahmad Iftikhar Syauqi, Rabu (26/8/2020) yang lalu. Teknik kampanye berupa penyampaian visi, misi serta program kerja dibuat dalam bentuk video untuk dishare di semua grup kelas. Selain itu, kampanye juga dilakukan melalui youtube dengan tujuan agar dapat diakses dan dicermati dengan baik oleh seluruh pemilih.

Gagasan Pemilos daring ini ternyata sinergis dengan program KPU Kabupaten Kulon Progo yang bekerjasama dengan Diskominfo setempat berupa pelaksanaan Pemilos secara serentak dan daring. Kegiatan ini meliputi SMP/MTs dan SMA/SMK, MA se-Kabupaten Kulon Progo. Launching secara virtual dihadiri oleh Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Ibah Muthiah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, SH, dan Plh. KPU Pusat Ilham Saputra.

Pada sesi Bupati dan KPU menyapa, Sutedjo menyapa Mansaku dengan mengonfirmasi tentang hambatan, tingkat partisipasi dan harapan. Menanggapi hal tersebut, Sudrajad, S.Pd., guru pendamping pelaksanaan Pemilos di Mansaku yang diikuti oleh lima pasangan kandidat menyampaikan hambatannya berupa jaringan yang tidak lancar karena sebagian peserta didik berdomisili di daerah yang agak sulit mengakses internet dan untuk partisipasi memang harus dioptimalkan.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, Edi Triyanto, S.Ag, S.P.d., M.Pd. dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan pemilos serentak yang difasilitasi KPU Kabupaten Kulon Progo. Pemilos merupakan pendidikan politik bagi peserta didik sehingga diharapkan siswa Mansaku bisa menjadi pemilih yang cerdas dan kritis serta memahami dan mengkritisi visi, misi, dan program kerja kandidat.
“Saya menyambut baik kerjasama dengan KPU Kulon Progo dalam penyelenggaraan pemilos di Mansaku. Pemilos merupakan ajang pembelajaran demokrasi para siswa, terlebih para siswa ini merupakan pemilih pemula maka kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengalaman sekaligus belajar menjadi bagian warga masyarakat yang mempunyai tanggung jawab untuk menggunakan hak pilihnya secara langsung, tanda ada rekanan, dan sesuai hati nurani masing-masing,” kata Edi.

Dalam pelaksanaannya, KPU dan Diskominfo Kulon Progo memperpanjang pemberian suara untuk SMA/SMK dan MA hingga Jumat (2/10/2020) pukul 07.00 WIB karena jaringan yang tidak lancar. Tingkat partisipasi pemilih Mansaku mencapai 90,8 %. Hasil perolehan suara masing-masing kandidat seperti yang dilaporkan oleh Vina Puspita Sari selaku admin Pemilos Mansaku adalah pasangan 01 (Bagus Dwi Kuncoro-Okta Athifah Purnamasari) 23,02 %, pasangan 02 (Armundhita Wahyu Prestian M.- Farah Mar’ah Sholehah) 27,34 %, pasangan 03 (Desita Islamiyati – Kania Ratna Pratiwi) 2,16 %, pasangan 04 (Ihsan Fajar Prasetyo _ Wartini) 15,11 %, dan pasangan 05 (Rina Dwi Listiya Wati – Jasmine Aliendra Cita) 31,65 %. Selanjutnya, struktur kepengurusan OSIS Mansaku akan dilengkapi melalui sidang formatur.

Dengan selesainya pemilos ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai pendidikan politik pemilih pemula untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggungjawab. Terpilihnya pengurus OSIS Mansaku periode 2020/2021 yang berkualitas, diharapkan dapat lebih meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik dan karakter perserta didik, serta dapat melahirkan kader pemimpin bangsa yang negarawan. (jad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 MAN 1 Kulon Progo - Yogyakarta | Tim Publikasi. All Rights Reserved. |