Pengawas Madrasah Lakukan Verifikasi Dokumen Mutu Guru MAN 1 Kulon Progo

Bertempat di ruang AVA dilakukan verifikasi dokumen mutu guru Senin (03/02/2020).  Pengawas madrasah Kulon Progo Dra. Hj. Kalimah, S.Ag., MA. beserta Barokatussholihah, S.Ag., M.S.I. memulai verifikasi pukul 08.00 WIB. Satu persatu guru MAN 1 Kulon Progo menilaikan administrasi yang telah dibuat untuk dikoreksi dan dicroscek kepada pengawas Dengan cermat dan sabar pengawas mengecek kelengkapan administrasi yang harus dipunya oleh guru.

Kelengkapan administrasi yang harus dipunya oleh guru antara lain silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), program tahunan, program semester, tugas terstruktur tidak terstruktur, handout, dokumen pengembangan profesi guru seperti PKB di MGMP, PTK serta perangkat administrasi yang lain. Pengawas madrasah Kalimah berkolaborasi dengan Barokatussholihah memberikan arahan dan masukan terhadap dokumen yang dipunya oleh guru.

Kalimah mengatakan verifikasi administrasi guru bertujuan untuk mengetahui kelengkapan administrasi guru serta pembinaan lebih lanjut terhadap guru. Kalimah juga berharap saran-saran yang disampaikan oleh pengawas ditindaklanjuti oleh guru dan diimplementasikan dalam pembelajaran agar hasil belajar siswa maksimal. Pada kesempatan ini Kalimah selaku pengawas madrasah menghimbau supaya guru mempunyai karya berupa PTK sebagai wujud pengembangan diri pada forum ilmiah yang telah terlaksana dimadrasah tiap dua minggu sekali dihari Jumat.

Ditemui ditempat terpisah kepala MAN 1 Kulon Progo Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengatakan, ”Administrasi yang dimiliki guru merupakan  indikator kedisiplinan karena itu sudah selayaknya setiap guru memiliki dokumen mutu guru”. (dwi)