Peningkatan Kinerja Guru dan Pegawai MAN 1 Kulon Progo

Selepas upacara Hari Guru Nasional diadakan rapat dinas di ruang AVA MAN 1 Kulon Progo, Senin (25/11/2019). Rapat dinas diikuti oleh semua guru dan karyawan madrasah. Khoiriyatun, M.Sc. kepala madrasah membuka acara tersebut. “Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja guru dan pegawai madrasah agar tidak tertinggal informasi diera yang serba cepat berubah”, tuturnya di depan guru-karyawan.

M. Husni Tamrin analis kepegawaian Kanwil Kemenag DIY menjadi salah satu nara sumber. Materi kepegawaian terkait dengan kinerja disampaikan Tamrin dengan apik. Secara pribadi ASN harus berkinerja dengan baik dan tidak indisipliner. Untuk mengukur kinerja didasarkan pada jabatan dan payung hukum.  SKP (Sasaran Kerja Pegawai) menjadi pembahasan yang menarik, tanya jawab antara nara sumber dengan guru madrasah pun terjadi.

Sesi setelah sholat Dhuhur  adalah uji publik kurikulum madrasah atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disampaikan oleh H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd. sebagai waka kurikulum. Menghadirkan pengawas Madrasah Aliyah, Hj. Kalimah, S.Ag., MA. serta ketua komite Drs. H. Pahid Mahmud Rais. Penjelasan pengawas madrasah tentang KTSP yang terdiri dari buku satu, buku dua dan buku tiga.  Prinsip pengembangan KTSP berpusat pada potensi peserta didik, belajar sepanjang hayat dan sebagainya. Dengan rinci dan gamblang kalimah menjelaskan KTSP yang harus dimiliki oleh madrasah sebagai penyelenggara pendidikan. (dwi)