Pererat Silaturrahim, MAN 1 Kulon Progo Gelar Syawalan

Setelah sebulan penuh menjalani puasa Ramadan, Bulan Syawal menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang untuk mempererat tali silaturrahim. Bertempat di Masjid Al-Huda MAN 1 Kulon Progo pada Jumat (21/05/2021) pagi, segenap guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo menggelar kegiatan syawalan secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, seluruh jajaran Komite MAN 1 Kulon Progo serta perwakilan orang tua siswa. Dalam sambutannya, Ketua Komite, Drs. H. Pahid Mahmud Rais, MA. menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut. “Acara syawalan ini merupakan momentum penting untuk saling memaafkan dan dapat mempererat tali silaturahmi keluarga besar MAN 1 Kulon Progo ini”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. juga menyampaikan tentang keutamaan bulan Syawal sebagai sarana meningkatkan aktivitas dan aktualisasi diri sebagai ASN. “Di Bulan Ramadan kita terbiasa menghidupkan ibadah, shalat lail, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana makna fitri benar-benar dapat kita rasakan adalah apabila setelah Bulan Ramadan kita mengalami peningkatan”, ungkap Edi. “Peningkatan yang dimaksud dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti datang tepat waktu, mengikuti segala aturan sebagai ASN dan meningkatnya aktivitas aktualisasi diri kita”, imbuhnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan ikrar syawalan dipimpin oleh Suratono, S.Pd.I dan pengajian oleh KH. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.S.I. yang menyampaikan mengenai kisah dan hikmah sebagai motivasi untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Semoga dengan kegiatan syawalan ini, kita semua mampu saling memaafkan dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi”, tutup KH. Mustafid. (mel)