Peringati Hari Buku, MAN 1 Kulon Progo Gelar Sedekah Buku

Hari Buku Dunia diperingati setiap tanggal 23 April. Sedangkan Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei bertepatan dengan berdirinya Perpustakaan Nasional, yaitu 17 Mei 1980. Dan tahun ini merupakan peringatan yang ke-19. Dalam rangka peringatan Hari Buku tersebut MAN 1 Kulon Progo menyumbangkan buku karya guru dan siswa ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo pada Senin (24/5/2021) pagi. Sejumlah 26 buku karya guru dan siswa diberikan dalam program sedekah buku tersebut.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen MAN 1 Kulon Progo dalam memperingati hari buku dan ikut serta mewujudkan budaya literasi di Kabupaten Kulon Progo. “Ini merupakan langkah kami agar budaya dan wawasan literasi di Kabupaten Kulon Progo semakin meningkat, sehingga sama-sama dapat berkembang ke arah yang lebih baik”, ungkap Edi.

Buku-buku yang disumbangkan tersebut merupakan karya solo dan kolektif berupa puisi, quote, buku mata pelajaran dan literatur lainnya. Ke-26 buku tersebut merupakan karya Edi Triyanto, Sihono Setyo Budi, Nur Hidayati, Aisyah Nur Amalia, Hening Handayani, Yuni Tri Purnami, Idham Asyhar, Dwi Wahyuningsih, Prabanayu Puspita Dewi, serta siswa MAN 1 Kulon Progo yakni Erna Febriyanti dan Fitri Sulistyaningrum.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Indriyati Rini Hastuti, S.IP. menyambut baik kedatangan rombongan dari MAN 1 Kulon Progo. Indriyati berterima kasih kepada MAN 1 Kulon Progo yang telah menyukseskan program sedekah buku. “Kami berterima kasih atas sedekah buku yang telah dilakukan oleh MAN 1 Kulon Progo, selanjutnya supaya dapat menjadi arsip kami dan bermanfaat bagi para pembaca”, tuturnya. (mel/***)