PIK-R MAN 1 Kulon Progo Menggandeng Rifka Annisa

Kulon Progo (MAN 1 KP) – Sebagai upaya untuk meningkatkan karakter posistif siswa madrasah, PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) menggandeng LSM Rifka Annisa Women Crisis Center. Mengawali bentuk kerjasama tersebut dengan mengadakan pertemuan perdana yang digelar diruang AVA, Jumat (04/10/2019). PIK-R merupakan salah satu ekstrakulikuler madrasah yang dibimbing oleh Rizka Azizatul Latifah, S.Pd. 
Sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa putri dan 25 siswa putra mengikuti kegiatan awal dari Rifka Annisa. Kedepannya PIK-R MAN 1 Kulon Progo menjalin kerjasama dengan LSM terkait dengan melakukan 10 kali pertemuan. Serangkaian tujuan dengan kerjasama ini antara lain  siswa memahami konsep diri dan merespon situasi remaja dengan berbagai dinamikanya. Siswa juga mengetahui berbagai bentuk  kekerasan dikalangan remaja serta mampu mencegahnya.
Diharapkan dengan kegiatan tersebut segenap siswa yang tergabung dalam PIK-R mampu menjadi role model (teladan) untuk teman-teman ataupun lingkungannya dalam hal pencegahan kekerasan dan membangun relasi yang sehat. Hal yang tidak kalah penting yaitu siswa mengetahui kesehatan reproduksi sehingga tidak terjerumus pada perilaku menyimpang. Kepala MAN 1 Kulon Progo Khoiriyatun, M.Sc. mengatakan  “Rifka Annisa akan memberikan banyak pengetahuan seputar remaja, ikutilah kegiatan ini dengan semangat karena akan banyak memberi manfaat”, ujar Khoiriyatun. (dwi)