Saintis Squad MAN 1 Kulon Progo Antusias Ikuti Bimbingan Kelas Riset

Sejumlah 30 siswa MAN 1 Kulon Progo yang tergabung dalam Saintis Squad antusias mengikuti bimbingan kelas riset secara luring di Masjid Al Huda MAN 1 Kulon Progo. Kegiatan yang merupakan bagian dari program madrasah riset tersebut dilaksanakan pada Jum’at (10/9/2021) pagi selama kurang lebih 2 jam.

Pada kesempatan itu hadir Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya ia menuturkan pentingnya mengembangkan tradisi riset di lingkungan madrasah dan perlunya pembiasaan untuk berfikir kritis dan sistematis di kalangan siswa madrasah.

“Tradisi riset harus kita biasakan sedini mungkin, dengan terbiasa berfikir kritis dan sistematis siswa akan mudah dalam memecahkan masalah ”, tuturnya.

“Hal ini sejalan dengan digaungkannya motto riset MAN 1 Kulon Progo yaitu Sprititualis, Intelek dan Kritis (Saintis). Spritualis berarti generasi yang memiliki spirit yang tak pernah redup oleh kata tak sanggup, Intelek berarti generasi cerdas yang memiliki pemikiran yang hebat, dan Kritis yang berarti generasi yang selalu berfikir konstruktif untuk mencari solusi”, lanjut Edi.

Dalam kegiatan bimbingan perdana tersebut, siswa antusias dalam menerima beberapa materi dasar penelitian dan perkembangan penelitian di Indonesia.

Untuk selanjutnya peserta didik akan dibimbing dalam merencanakan penelitian ilmiah, melakukan penelitian dan menyusun laporan penelitian ilmiah. (yan/***)