Siswa MAN 1 Kulon Progo Ikuti Kelas Karakter Bimbingan Rifka Annisa

Kulon Progo ( MAN 1 KP) – Suara riang bergemuruh di ruang  AVA, 50 siswa MAN 1 Kulon Progo mengikuti kelas karakter yang dibimbing oleh LSM Rifka Annisa, Kamis (10/10/2019). LSM yang bergerak di bidang perempuan mengadakan kelas karakter di madrasah untuk kedua kalinya. Dipandu oleh lima orang kakak pembimbing acara berlangsung dengan penuh semangat. Mengawali kegiatan hari ini siswa diperkenankan dengan permainan mengenal diri dan sesama. Dengan cara masing-masing siswa secara bergantian menyebutkan nama dirinya, hobi dan perasaan yang dirasakan hari ini di depan teman-teman yang lain.

Dalam kegiatan ini Nesti Nur Cahyani, aktivis perempuan dari Rifka Annisa membagi kertas kecil yang harus diisi nama kemudian digulung seperti lintingan arisan yang dikumpulkan jadi satu.  Mengenalkan game tembak nama, di mana lintingan  diambil oleh salah satu siswa kemudian siswa tersebut menunjuk orang yang tertulis pada kertas lintingan itu. Kegiatan ini memberi ruang pada siswa untuk saling mengenal dan melatih rasa percaya diri. 

Siswa juga mengisi quesioner sebagai bentuk evaluasi pretest. Yang berisi  pertanyaan tentang kesehatan reproduksi, relasi sehat, dan lain-lain.  Supaya siswa bisa membangun karakter melalui relasi dan pertemanan, tidak terjebak pada hubungan yang penuh kekerasan. Dengan apik disampaikan pula tentang media sosial, manfaat dan tujuannya bagi remaja. Sehingga siswa mengetahui teknologi yang berkembang saat ini, memahami fungsi positif dan negatif media sosial untuk dirinya serta mampu menggunakan media secara baik.  “Semoga siswa madrasah menjadi pribadi unggul dengan mengikuti kelas karater bimbingan Rifka Annisa”, ujar Khoiriyatun kepala MAN 1  Kulon Progo. (dwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 MAN 1 Kulon Progo - Yogyakarta | Tim Publikasi. All Rights Reserved. |