Tingkatkan Spriritualitas, MAN 1 Kulon Progo Gelar Pesantren Ramadhan

Dalam rangka semarak kegiatan Bulan Suci Ramadhan 1442 H, MAN 1 Kulon Progo mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan bagi siswa/siswi kelas X dan XI. Salah satu kegiatan dalam Pesantren Ramadhan adalah pengajian virtual yang berlangsung Rabu (28/4/2021) hingga Rabu (5/5/2021). Pengajian virtual dilaksanakan secara streaming melalui YouTube Mansaku Channel, dengan narasumber KH. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.S.I.

Dalam pengajian tersebut banyak dibahas mengenai anjuran puasa, fadhilah puasa, hukum dan yang membatalkan puasa, fadhilah shalat tarawih, dan lailatul qadr. Siswa/siswi kelas X dan XI diwajibkan untuk mengikuti pengajian tersebut dari rumah dengan menyaksikannya melalui YouTube channel MAN 1 Kulon Progo. Adapun presensi dilaksanakan dengan cara berkomentar secara online di tayangan tersebut dan google form serta dengan penugasan merangkum materi pengajian.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh guru PAI dan Bahasa Arab MAN 1 Kulon Progo. Di mana kegiatan ini sebagai pemantauan peserta didik selama bulan Ramadhan.

Sejalan dengan hal ini, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan efektivitas kegiatan pesantren Ramadhan bagi peserta didik. “Pesantren ramadhan ini efektif sebagai alat pantau bapak/ibu guru terhadap kondisi siswa/siswi di rumah”, ungkapnya.

Edi juga berharap manfaat kegiatan pesantren ramadhan ini bagi siswa. “Kegiatan pengajian virtual ini semoga bisa bermanfaat bagi peserta didik kita, dapat meningkatkan spiritualitas dan menjauhkan dari hal-hal yang kurang bermanfaat”, pungkas Edi.

Pengajian yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB pada setiap harinya tersebut mendapatkan antusias dari peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya live chat di kolom komentar YouTube Mansaku maupun japri kepada bapak/ibu guru. (mel/***)