Uji Publik Kurikulum MAN 1 Kulon Progo Tahun Ajaran 2020/2021

Penguatan karakter siswa melalui peningkatan prestasi dan jiwa berwirausaha menyongsong legalitas MAN plus Keterampilan adalah tema yang dihasung pada acara Uji Publik KTSP MAN 1 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020/2021, Rabu (08/07/2020).

Madrasah sebagai Satuan Pendidikan Menengah berciri khas agama Islam di bawah binaan Kementerian Agama, mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, maka MAN 1 Kulon Progo menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). MAN 1 Kulon Progo sebagai Madrasah plus Keterampilan menyediakan beberapa jurusan keterampilan, antara lain Elektronik, Multimedia, dan Tata Busana.

Menghadirkan narasumber Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Anita Isdarmini, S.Pd,. M.Hum., praktisi pendidikan Dosen Prodi Manajeman Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Dr. Subiyantoro, M. Ag., dan Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd., turut menghadirkan juga Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Kulon Progo Hj. Kalimah, S.Ag., MA., ketua komite Drs. H. Pahid Mahmud Rais, dan Wali murid Sugeng Riyanto, S.Sos.

Acara dibuka oleh Kepala Madrasah H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya Edi mengharapkan MAN 1 Kulon Progo mampu menerapkan strategi yang akan diperoleh dari narasumber terkait dengan lulusan MAN 1 Kulon Progo agar lolos ke Perguruan Tinggi Negeri yang kususnya UIN. Terkait dengan struktur pengembangan madrasah mengharapkan arahan dari narasumber Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Anita Isdarmini, S.Pd,.M.Hum. “Sehingga kami datangkan langsung dari UIN mengharapkan kajian-kajian akademis supaya siswa-siswi madrasah aliyah bisa masuk ke UIN, dan juga nanti struktur pengembangan madrasah kami mintakan arahan dari bu Kasi Kurikulum dan Kesiswaan yang nantinya kegiatan pembelajaran di madrasah ini merupakan bagian dari progam pengembangan pendidikan madrasah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta”, jelas Edi.

Dalam paparan singkatnya Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Anita menyampaikan apresiasinya kepada MAN 1 Kulon Progo yang telah menyelesaikan draf KTSP. ”Alhamdulillah saya ucapkan selamat untuk tim pengembang kurikulum yang telah menyelesaikan draf ini secara tuntas.” jelasnya.

Selaku ketua Komite Drs. H. Pahid Mahmud Rais juga menyampaikan bahwa rutinitas penyusunan KTSP adalah kegiatan yang memang harus dilakukan sebagai bentuk kesiapan madrasah dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun beberapa inovasi yang telah dituangkan dalam KTSP ini, maka komite akan mendukung demi suksesnya program. (riz)