Ujian Madrasah Berbasis Computer Based Test (CBT)

Pelaksanaan Ujian Madrasah kelas XII di MAN 1 Kulon Progo sudah dimulai sejak tanggal 2 – 17 Maret 2020. Pada ujian Madrasah tahun ini, MAN 1 Kulon Progo menggunakan Computer Based Test (CBT). Hal ini tentunya untuk menunjang kualitas pendidikan di madrasah agar dapat mengikuti perkembangan teknologi menyongsong era 4.0. Selain itu, agar dapat mengikuti Ujian Nasional dan berhasil dengan nilai yang memuaskan maka diperlukan persiapan yang cukup.

“Ujian Madrasah untuk kelas XII pada tahun ini dilakukan dengan menggunakan CBT agar siswa dapat mudah dan lebih siap untuk menghadapi UNBK”, ujar Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto , S. Ag., S. Pd., M. Pd.

Edi menyebutkan bahwa tahun ini adalah awal diadakan ujian semester dengan menggunakan CBT, dan program tersebut akan dilaksanakan pula pada tahun-tahun berikutnya .

“Setelah sukses selama beberapa tahun melaksanakan UNBK, maka mulai tahun ini Ujian Madrasah juga akan menggunakan komputer”, jelasnya

Pelaksanaan Ujian Madrasah dengan menggunakan CBT ini berjalan dengan lancar, meskipun terdapat beberapa kendala. Dengan menggunakan CBT ini, peserta didik mendapatkan soal dan pilihan jawaban secara acak sehingga meminimalisisr kecurangan. Selain itu, waktu yang tersedia dapat digunakan secara maksimal karena perhitungan waktu juga terlihat dalam tampilan aplikasi. Keuntungan dari penggunaan CBT dalam Ujian Madrasah ini adalah memunculkan hasil penilaian secara cepat dan akurat, sehingga meringankan tugas guru dalam memberikan penilaian. MAN 1 Kulon Progo akan terus mengevaluasi dan mengembangkan program CBT tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan pembelajaran bagi para siswa. (yan)