Upacara Hari Santri di Alun-alun Wates

Kulon Progo (MAN 1 KP) – Menyambut hari santri segenap guru, karyawan dan siswa madrasah mengikuti upacara di ALWA (Alun-alun Wates), Selasa (22/10/2019). Dengan mengenakan pakaian muslim khas santri yaitu bawahan sarung dan atasan baju koko putih bagi laki-laki serta bawahan sarung atasan baju putih kerudung putih bagi perempuan. 

Upacara  diikuti berbagai madrasah maupun pondok pesantren yang ada di wilayah Kulon Progo, dengan Pembina upacara Wakil Bupati Kulon Progo. Ribuan paserta upacara mengikuti jalannya upacara sampai selesai dengan tertib. Hari santri mengimgatkan kita akan peran ulama yang telah membantu perjuangan bangsa sehingga mencapai kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan sekarang ini. Para santri dan ulama adalah sosok yang punya andil dalam menegakkan NKRI di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia.

“Hari Santri merupakan sarana kita meneladani para ulama dan santrinya dalam membesarkan negara seperti saat ini”, ujar Khoiriyatun, M.Sc Kepala MAN 1 Kulon Progo. Dalam memperingati hari santri tahun ini madrasah juga melakukan serangkaian kegiatan. (dwi)