Kakanwil Kemenag DIY Mengukuhkan Sembilan Agen Perubahan MAN 1 Kulon Progo

Kakanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. didampingi Kabid Pendidikan Madrasah, H. Muntolib, S.Ag. dan Kakankemenag Kulon Progo, H. Muhammad Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., Selasa (31/8/2021) hadir di MAN 1 Kulon Progo dalam acara Pengukuhan Agen Perubahan dan Launching Agenda Perubahan. Kegiatan tersebut merupakan komitmen MAN 1 Kulon Progo dalam mewujudkan Zona Integritas WBK dan WBBM di madrasah.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pengawas Madrasah Kulon Progo, Hj. Kalimah, M.A, Ketua Komite MAN 1 Kulon Progo, Drs. H. Pahid Mahmud Rais, MA. beserta guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo.
Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tamu undangan. “Pertama, saya mewakili keluarga besar MAN 1 Kulon Progo mengucapkan selamat datang kepada bapak ibu pejabat, terimakasih karena telah hadir untuk memberikan penguatan kepada MAN 1 Kulon Progo. Di mana pada tahun 2021 ini kami menjadi pilot project ZI, maka kami bergerak setahap demi setahap memenuhi ZI dengan penuh kesungguhan”, ujarnya.
Sementara itu, dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala MAN 1 Kulon Progo yang pagi ini melakukan kegiatan penganugerahan agen perubahan. Di mana pada jalur madrasah, ada 12 madrasah dan 3 Kantor Kemenag Kabupaten yang mengikuti kegiatan penilaian ZI”, jelasnya.
Kakanwil Masmin Afif juga menjelaskan paradigma baru yang terbangun setelah adanya reformasi birokrasi yaitu paradigma dilayani menjadi melayani, orientasi proses menjadi orientasi outcome, menunggu menjadi menjemput, tidak kompeten menjadi kompeten, rumit menjadi sederhana, dan koruptif menjadi bersih.
Lebih lanjut Masmin menegaskan pentingnya agen perubahan sebagai motor penggerak. “Agen perubahan yang telah dilantik tadi merupakan penggerak perubahan di MAN 1 Kulon Progo. Penting sekali menjadi penggerak untuk terus menggaungkan integritas dalam rangka meningkatkan mutu dan kepercayaan masyarakat”, lanjutnya.
“Sehingga hasil yang diharapkan dari manajemen perubahan adalah adanya perubahan mind set, culture set, serta terbangunnya birokrasi dengan integritas dan kinerja tinggi. Mengutamakan enam tata nilai yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, keteladanan dan mempesona (DIY). Insya Allah, bersama-sama MAN 1 Kulon Progo dapat menorehkan prestasi ke depan, memberikan pelayanan dan mutu terbaik bagi masyarakat dan semakin MEMPESONA”, pungkas Kakanwil.
Pada kesempatan tersebut Kakanwil kemudian mengukuhkan sembilan agen perubahan dan memberikan sertifikat penghargaan secara langsung. Kesembilan duta tersebut meliputi Duta Literasi Nur Hidayati, S.Pd.I, Duta Digital Naafi’ Al-haq Apriliano, S.Pd., Duta PHBS Vera Veronica, S.Pd., Duta Adiwiyata Harmiyati, S.Pd., M.Sc., Duta Antikorupsi Sudrajad, S.Pd., Duta Ramah Anak Hening Handayani, S.Pd., Duta Olimpiade dan Riset Nur Wijayanti, S.Hum., M.Pd., Duta Medsos dan Anti Hoax Rizki Alifani, S.Pd., dan Duta Moderasi Beragama Aisyah Nur Amalia, S.Pd., M.A. (mel)