Duta MAN 1 Kulon Progo Juara III Lomba Lukis DIY-Kyoto

Kulon Progo (MAN 1) – Rizki Budi Martanto (XII IIK) menorehkan prestasi yang membanggakan dengan menjadi juara III lomba lukis DIY-Kyoto kategori SMA/SMK yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo di Taman Budaya Rabu (07/08/2019). Dengan bimbingan guru seni budaya Tri Winanto, S.Pd., Rizki berhasil mengalahkan peserta dari sekolah lain. Siswa multibakat ini  telah menunjukkan kemampuannya dalam seni lukis.

Pada lomba ini Rizki memilih tema “Kuliner” sebagai salah satu cara melestarikan budaya Kabupaten kulon Progo. Pada goresan kuasnya ia ingin menceritakan bahwa kuliner khas Kulon Progo seperti geblek harus diuri-uri dan dikonsumsi agar tidak punah seiring pesatnya arus globalisasi dan modernisasi.  Dimana generasi muda sekarang lebih menyukai makan siap saji yang berasal dari negara lain dibanding produk lokal dengan alasan gengsi.

Mengantongi juara III Rizki mendapatkan kesempatan untuk maju ketingkat provinsi. Kepala MAN 1 Kulon Progo mengucap syukur karena duta madrasah kembali menorehkan prestasinya. “Telah terbukti bahwa madrasah mempunyai siswa yang berprestasi tidak hanya dalam bidang akademik namun juga non akademik, semoga sukses maju tingkat provinsi”, ujar Khoiriyatun. Siswa yang berprestasi dengan bimbingan guru yang profesional siap mencetak madrasah hebat bermartabat. (dwi)