Giat Literasi, Guru MAN 1 Kulon Progo Terbitkan Buku Terbaru

Literasi merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan dan termuat di dalam kurikulum 2013 revisi – kurikulum yang digunakan oleh madrasah saat ini. Kecakapan literasi sangat penting guna menunjang level berpikir yang lebih tinggi, khususnya bagi peserta didik. Untuk mewujudkan hal ini, tentunya perlu dimulai dari pendidik sebagai fasilitator utama. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. di ruang kerjanya sesaat setelah menerima 4 (empat) buah buku karya terbaru dari Guru Matematika MAN 1 Kulon Progo, Nur Hidayati, S.Pd. I. pada Rabu (7/4/2021).

Karya tulis sangat penting, baik dari pendidik maupun peserta didik. Karena menulis merupakan salah satu kegiatan literasi yang dapat meningkatkan kapasitas diri kita. Maka, penting sekali untuk terus berkarya dan menjadi pegiat literasi”, ungkap Edi.

Keempat buku karya Nur Hidayati, S.Pd.I. tersebut berjudul Senandung Matematika. Buku tersebut merupakan kumpulan cerpen yang ia tulis bersama dengan peserta didik yang diampunya. Berisi tentang cerita belajar matematika. Buku kedua hingga keempat merupakan karya solonya yang berjudul Anak Milenial (Anak Abad 4.0), Jembatan Keren Pasukan Semut Merah, dan Pelangi yang Selalu Dinanti. Ketiga buku ini merupakan cerita anak yang berupaya menyelipkan ilmu pengetahuan alam, wawasan nusantara dan tradisional, serta menyematkan nilai-nilai anti korupsi.

Nur Hidayati mengungkapkan komitmennya dalam menumbuhkan budaya literasi di MAN 1 Kulon Progo. “Kegiatan literasi dapat berupa membaca, memahami teks atau artikel, membuat karya tulis, dan juga karya seni. Untuk itu saya berkomitmen untuk menumbuhkan literasi di Mansaku ini dengan membuat karya seni berupa cerpen, cernak dan puisi yang Alhamdulillah telah dibukukan ini” tuturnya. “Semoga saya dapat menebarkan ilmu melalui karya-karya saya, dan menyalakan giat literasi di MAN 1 Kulon Progo”, pungkasnya. (mel/***)