Guru Bahasa Inggris MAN 1 Kulon Progo Lahirkan Karya Saat Pandemi

Yuni Tri Purnami, S. Pd., Guru Bahasa Inggris MAN 1 Kulon Progo berhasil lahirkan karya saat pandemi. Karya perdananya ini adalah hasil workshop penulisan puisi bersama Komunitas Yuk Menulis (KYM) yang dibimbing oleh founder KYM sendiri yaitu Vitriya Mardiyati. Antologi Puisi yang berjudul “Dalam Relung Kalbu” ini meruapakan ungkapan hati penulis yang bertema keluarga, kenangan, dan kerinduan. Kepala Madrasah Edi  Triyanto, S. Ag., S. Pd., M. Pd. sangat bahagia atas keberhasilan Yuni. “Alhamdulillah, karyanya luar biasa dan  keren. Selamat semoga Istiqomah dalam pengabdian,” pesan Edi kepada Yuni.

Yuni Tri Purnami merasa sangat bahagia, terharu, dan bangga karena telah berhasil menelurkan karya solo pertama. Ia berharap dapat terus berkarya dan memotivasi teman yang lain untuk suka menulis. Menurut Nur Hidayat, S. Pd. I,  keberhasilan Yuni ini berkat ketelatenanan dan kecintaannya terhadap sastra khususnya puisi. Hal serupa disampaikan juga oleh Sihono Setyo Budi, M. Sc, semoga keberhasilan Yuni dalam sastra ini dilanjutkan dalam penulisan bahan ajar/ buku pelajaran.

Setelah mengikuti workshop penulisan puisi, Yuni Tri Purnami berhasil menyelesaikan tantangannya untuk membuat buku solo. Menurut Vitriya Mardiyati karya Yuni adalah karya yang keren, salah satu karyanya adalah puisi dalam Bahasa Inggris yang penuh makna. Ternyata Yuni berhasil mengkolaborasikan bahasa inggris ke dalam puisi. Tak hanya founder KYM yang bahagia atas kesuksesannya. Menurut Istiani Rahayu , salah satu peserta workshop yang bekerja menjadi Guru SD N Ngetal, Margoagung, Seyegan, Sleman mengungkapkan puisi-puisi Yuni yang terangkai manis dalam kumpulan buku ini seolah mewakili apa yang ada dalam benak kita tentang berbagai  rasa dan asa yang kita miliki. Hal senada juga dituturkan Ana Murni Suryani, guru SDN Ngahar Moyudan Sleman mengungkapkan puisi-puisi Yuni sangat bagus yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari. Yuni mampu merangkai kata-kata indah dan bermakna.Tidak hanya itu dalam buku tersebut terdapat puisi tentang teman-teman workshop dan founder KYM.

Kepala Madrasah Edi  Triyanto, S. Ag., S. Pd., M. Pd. menambahkan bahwa hasil karya ini merupakan bagian dari implementasi program madrasah agar guru dan pegawai tetap produktif di saat Pandemi covid 19. (nh)