Guru MAN 1 Kulon Progo Jadi Penulis Soal Aksi Madrasah

Berdasarkan hasil seleksi penyusun soal Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah, Project Management Unit Realizing Education’s Promise Madrasah Education Quality Reform (IBRD 899-ID) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, salah satu guru MAN 1 Kulon Progo (MANSAKU) dinyatakan lulus dalam seleksi tersebut, Kamis (18/2/2021). Adalah Rizka Azizatul Latifah, S.Pd., guru Matematika MAN 1 Kulon Progo.

Merespon hasil pengumuman tersebut, Rizka berharap dirinya mampu mengemban amanah dan mendukung perbaikan mutu pendidikan madrasah. “Ini amanah dan semoga adanya AKSI Madrasah menjadi langkah perbaikan mutu pendidikan madrasah di Indonesia”, ungkapnya.

Dari banyaknya pendaftar se-Indonesia, Rizka mampu melalui tes hingga tahap akhir. Dirinya dinyatakan lolos Kategori Literasi Numerasi bersama 13 (tiga belas) guru jenjang MA lainnya. Tahapan seleksi penulis soal AKSI dilakukan sebanyak tiga kali, meliputi tahap I yaitu tes administrasi dan pembuatan soal dengan batas akhir pengumpulan Kamis (14/1/2021), dan tahap II yaitu tes psikologi yang dilaksanakan Selasa – Rabu (2-3/2/2021) melalui aplikasi Computer Based Test (CBT) dengan pengawasan melalui zoom meeting. Selanjutnya, tahapan terakhir atau III adalah tes wawancara yang dilaksanakan pada Rabu – Kamis (10-11/2/2021), juga melalui zoom meeting. Adapun pewawancara dalam tes tahap akhir berjumlah 2 (dua) orang. Mereka merupakan Tim Ahli dan Koordinator Penulis Soal AKSI.

Kepala MAN 1 Kulon Progo H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengapresiasi prestasi tersebut, “Kontribusi guru dalam kegiatan nasional seperti ini sangat baik, karena mampu berperan serta dalam memajukan pendidikan di Indonesia”, tutur Edi. (mel)