Siswa MAN 1 Kulon Progo Lolos Pembinaan Atlet Berbakat DIY

Pembinaan Atlet Berbakat (PAB) DIY merupakan program rutin yang diadakan setiap tahun oleh Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY. Dari 9 atlet yang dikirimkan oleh Pengkab FPTI Kulon Progo, satu siswa MAN 1 Kulon Progo, Alfin Febri Arsela lolos dalam seleksi final di Mandala Krida Yogyakarta, Kamis (18/03/2021). Pembinaan Atlet Berbakat (PAB) kali ini dibuka untuk 13 cabang olahraga dengan tujuan mempersiapkan kejuaraan POPNAS tahun 2023 nantinya.

Dasar dari seleksi PAB ini adalah usia, tes fisik dan tes kecabangan. Dalam kegiatan pembinaan yang akan berlangsung selama 1 tahun ke depan, Alfin diberikan beberapa fasilitas atlet seperti latihan rutin selama 3 x seminggu, uang pembinaan, seragam, sepatu, dan lain sebagainya. Alfin juga akan dilatih oleh salah satu alumni MAN 1 Kulon Progo, Deny Ramadhan, yang baru saja tersertifikasi menjadi pelatih DIY.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mendukung sepenuhnya kegiatan ini. “Kegiatan-kegiatan yang mendukung prestasi akademik maupun non akademik akan kami support secara penuh. Seleksi pembinaan atlet ini sebagai upaya kita menggali potensi peserta didik dalam kegiatan merdeka belajar”, tutur Edi.

Seleksi awal PAB tersebut diadakan pada masing-masing kabupaten di DIY. Dari hasil seleksi tersebut, atlet terbaik kemudian dikirim untuk mengikuti seleksi PAB di DIY. Sebanyak 18 atlet terbaik Kabupaten Kulon Progo lolos dalam seleksi ini, kemudian dikirim kembali untuk mengikuti seleksi lanjutan dan terpilih 9 orang.

Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menyebutkan kesembilan atlet tersebut adalah Alfin Febri Arsela (MAN 1 Kulon Progo), Fajar Setyawan (SMPN 2 Galur), Khoirul Hibab (SMPN 2 Sentolo), Ikhsan Nur Rohman (SMKN 2 Pengasih), Wartini (MAN 1 Kulon Progo), Melinda Reditya Puspita Sari (SMPN 1 Lendah), Lutfi Ismar Khomariyah (MAN 1 Kulon Progo), Farah Mar’ah Sholikhah (MAN 1 Kulon Progo) dan Ika Fitriana (MAN 1 Kulon Progo).

Pelatih Panjat Tebing Kulon Progo yang juga guru MAN 1 Kulon Progo, Dra. Sukarni berharap ada dukungan dari keluarga mulai dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolahan sehingga ada regenerasi atlet. “Saya berharap akan ada regenerasi terus menerus untuk atlet-atlet di Kulon Progo ini. Tentunya dengan support dari keluarga dan kegiatan ekstra di madrasah yang mendukung tumbuhnya atlet-atlet terbaik kita”, harapnya. (mel)