Guru Elektronika MAN 1 Kulon Progo Penggiat Literasi

Di masa Work From Home (WFH) beberapa waktu lalu ternyata banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu dengan kegiatan produktif. Demikian pula yang dilakukan oleh Sihono Setyo Budi, M.Si., guru Elektonika MAN 1 Kulon Progo, yang berhasil menerbitkan buku dengan judul Elektronika 3. “Buku ini merupakan buku keempat saya di tahun ini. Semoga ini bisa menjadi motivasi untuk berkarya”,  tutur Sihono di ruang kerjanya Jumat (24/07/2020).

Selama WFH pula Sihono telah mengikuti 7 (tujuh) diklat, dan puluhan seminar serta workshop. Tidak hanya buku, beliau juga menyusun buku panduan penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan sering mengisi jurnal Pendidikan. Hasil Publikasi ilmiah yang sudah dihasilkan antara lain: Buku ber-ISBN (sembilan buku), Jurnal (enam) dan PTK (sembilan). Semangatnya sebagai penggiat literasi dilakukan dengan mengajak rekan-rekan berkembang bersama dimulai dengan mendirikan Forum Ilmiah Guru. Melalui Forum tersebut guru dapat melakukan pengembangan diri, menambah pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan belajar mengajar.

Dihubungi secara terpisah, Kepala MAN 1 Kulon Progo H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., merasa bangga salah satu guru senior di madrasah menjadi penggiat literasi dan menjadi motivator bagi guru lainnya. “Semoga gerakan literasi yang mulai tumbuh di MANSAKU mendapat perhatian dari segenap stakeholders madrasah untuk bersama-sama mengembangkannya”, pungkasnya. (nur)