Alhamdulillah, Siswa Kelas XII MAN 1 Kulon Progo Lulus 100%

Pengumuman kelulusan siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021 telah diumumkan pada Senin (3/5/2021) siang melalui WhatsApp. Sebelumnya, telah dilaksanakan sidang kelulusan pada pagi harinya di ruang AVA MAN 1 Kulon Progo. Sejumlah 182 siswa kelas XII telah memenuhi kriteria kelulusan. Sehingga seluruh siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021 dinyatakan lulus dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun ke dunia kerja.

Sidang kelulusan dipandu oleh Waka Kurikulum, H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd., dan dihadiri oleh seluruh guru dan pegawai. “Silahkan bapak/ibu wali kelas menyampaikan laporan kondisi siswa berdasarkan kriteria kelulusan yang harus dicapai setiap siswanya. Setelah itu kami juga mohon masukan guru BK sebelum kemudian kita putuskan”, tuturnya.

Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir aturan atau penentuan kelulusan ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing, sehingga madrasah memiliki kewenangan penuh. “Beberapa tahun terakhir, aturan kelulusan tidak lagi ditentukan secara nasional, namun telah dikembalikan kepada madrasah masing-masing. Ini artinya bapak/ ibu guru memiliki peran penuh untuk menilai capaian ketuntasan peserta didik”, tuturnya. “Kita tidak hanya menilai kognitif saja, namun sangat bisa untuk menilai bagaimana karakter dan spiritual peserta didik. Semoga nilai-nilai dan pendidikan yang telah disampaikan oleh bapak/ibu guru sekalian kepada peserta didik kelas XII dapat bermanfaat dan menjadi bekal bagi kehidupan mereka kelak”, harap Edi. (mel/***)