MAN 1 Kulon Progo

Santri Berlian

Peringati Nuzulul Qur’an, MAN 1 Kulon Progo Gelar Pengajian

17 Ramadhan diperingati sebagai malam Nuzulul Qur’an atau malam diturunkannya Al-Qur’an bagi seluruh umat manusia. Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an tersebut MAN 1 Kulon Progo mengadakan pengajian pada Jum’at (30/4/2021) pagi, bertempat di ruang AVA madrasah setempat. Pengajian  diikuti oleh guru, pegawai dan siswa yang dilaksanakan secara langsung, Zoom dan YouTube Mansaku Channel.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengemukakan Nuzulul Qur’an menjadi momentum penting bagi umat Islam untuk semakin mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari. “Al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar bagi umat manusia, ini menjadi makna bagi kita sebagai manusia agar semakin mendalami dan mengamalkan Al-Qur’an”, tuturnya.

Adapun narasumber pengajian Nuzulul Qur’an adalah Guru MAN 1 Kulon Progo, KH. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.S.I. Dalam pengajian tersebut KH. Mustafid menyampaikan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi yang berkaitan dengan keutamaan Al-Qur’an dan mengajak audiens untuk merefleksikan amal-amal yang telah diperbuat. “Coba kita renungkan bersama-sama dan jawab di dalam hati, berapa banyak waktu kita untuk beribadah dibandingkan dengan untuk melakukan amal-amal duniawi lainnya?”, pintanya.

“Nah, satu amalan yang dapat memberi syafa’at dan sebagai penyempurna amal manusia adalah membaca Al-Qur’an. Dengan membaca satu huruf Al-Qur’an, pahala kebaikan akan dikalikan dengan 10 kebaikan”, tegas Mustafid. (mel)