Siswa MAN 1 Kulon Progo Ikuti Survey PISA 2022

MAN 1 Kulon Progo merupakan salah satu madrasah yang menjadi madrasah/sekolah sampel survey Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2022. Sejumlah 42 siswa MAN 1 Kulon Progo terpilih menjadi peserta dari program tersebut dan mengikuti survey PISA pada Senin (23/5/2022).

Survey PISA dilaksanakan selama 150 menit dimulai dari pukul 08.30 WIB di laboratorium komputer MAN 1 Kulon Progo. Kegiatan tersebut didampingi oleh satu orang proktor, tiga orang guru, dan satu orang adminisrator dari Pusmendik. Materi survey PISA terdiri dari Numerasi, Literasi, Sains, Creative Thinking, dan Angket.

PISA merupakan kegiatan untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh 88 negara di seluruh dunia yang diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Kegiatan ini dilaksanakan setiap tiga tahun sekali yang pesertanya merupakan siswa berusia 15 tahun yang dipilih secara acak oleh penyelenggara. Survey PISA digunakan untuk memberikan informasi mengenai bagaimana kualitas sistem pendidikan Indonesia selama tiga tahun ke belakang.

Sebelum kegiatan dimulai, tim administrator dari Pusmendik, Nindy Fadhilah, S.Pd. menyampaikan agar siswa mengerjakan dengan sungguh-sungguh. “Kerjakanlah dengan sungguh-sungguh karena tes ini akan menggambarkan wajah pendidikan di Indonesia,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. juga berharap agar kegiatan survey PISA dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil terbaik serta dapat menjadi proses perbaikan pendidikan di Inonesia. (rza/***)