Menjelang Purna, Guru PKWU MAN 1 Kulon Progo Tetap Berkarya

Salah satu guru PKWU MAN 1 Kulon Progo, Drs. H. Hariyanta mampu menerbitkan buku mata pelajaran yang berjudul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UBKM) PKWU Rekayasa untuk SMA/SMK/MA Keterampilan Kelas X Semester 1. Hariyanta yang akan purna di tahun 2023 ini merasa bersyukur, meski di usia yang tak lagi muda ini masih bisa mengikuti tantangan pembuatan buku solo.

“Alhamdulillah, setelah puluhan tahun mengabdi akhirnya materi-materi yang saya ajarkan dapat saya jadikan buku. Semoga UKBM ini dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik MAN 1 Kulon Progo dan seluruh peserta didik SMA/SMK/MA Keterampilan di tanah air,” harap Hariyanta.

Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. saat ditemui di ruangannya pada Kamis (19/5/2022) mengapresiasi dan memberikan penguatan tentang program literasi madrasah. “Saya merasa bangga kepada Bapak Hariyanta yang telah memberikan contoh bahwa berkarya tidak mengenal usia,” tuturnya.

“Semoga dengan lahirnya buku dari Pak Hariyanta ini akan memotivasi guru-guru lain menerbitkan karya buku ajar, karena menjadi salah satu program madrasah,” pungkas Edi.

Sementara itu di tempat terpisah, Nur Hidayati, S.Pd.I. selaku editor buku mengungkapkan bahwa walaupun Pak Hariyanta hampir purna, beliau benar-benar bersemangat untuk menyukseskan program madrasah. Masih ada satu buku lagi yang proses cetak.

Salah satu guru MAN 1 Kulon Progo, Budi Santosa, S.Pd. juga menyatakan Drs. H. Hariyanta adalah guru yang rajin dan menginspirasi. Kumpulan materi PKWU yang beliau ajarkan dijadikan satu dan disempurnakan menjadi buku ajar. (nhd/***)